5 Gerakan Yoga Untuk Kesehatan Kaki Ibu Hamil #Mencegah Pembekakan

Kaki ibu saat hamil terkadang ditandai dengan pembekakan kaki disetiap engselnya, seperti pada engsel lutut dan pergelangan kaki. Pembekakan ini wajar bagi ibu hamil, namun untuk mengatasinya agar dapat mengurangi rasa sakitnya bisa diobati dengan senam yoga, senam ini concern pada pelenturan urat kaki mulai dari paha hingga ujung kaki, sehingga peredaran darah ke bagian  kaki lebih lancar, dengan begitu dapat mengurangi pembekakan kaki pada ibu hamil sekaligus menyembuhkannya.

Sebenarnya gerakan-gerakan yoga untuk ibu hamil banyak sekali dan semuanya bermanfaat bagi tubuh ibu, hanya saja ada tingkatannya mulai dari yang mudah dilakukan sampai yang tersulit.

Nah, kali ini akan dibahas tentang yoga sederhana untuk ibu hamil sebagai pencegahan pembekakan kaki, sebenarnya manfaat pada gerakan-gerakan dibawah ini bukan hanya sebatas kesehatan kaki namun juga dapat membuat posisi tubuh ibu hamil lebih stabil dan sehat.

Yuk, langsung ikuti panduannya berikut ini. Perhatikan dengan seksama -^^-

#1 Posisi Salah Satu Kaki Diatas Kursi, Punggung dan Tangan Diatas Kepala

Posisi ini mudah sekali dilakukan, manfaatnya untuk merenggangkan otot kai, dan juga otot pada pinggang dan tangan, bahkan seluruh badan akan merasakan kenyamanannya selama melakukan gerakan pertama ini.

Posisi yang sempurna saat melakukan gerakan ini adalah antara kaki, pinggang, kepala, dan tangan dalam keadaan lurus keatas atau vertikal. Jadi selama mampu memposisikan tubuh sejajar vertikal itu lebih baik dan lebih sempurna.

Gerakan ini memang khusus untuk ibu hamil, selain mudah dilakukan juga tidak begitu beresiko saat melakukan gerakan ini. Untuk lebih jelasnya, lihat gambarnya dibawah.


Lakukan gerakan seperti gambar diatas secara bergantian, kaki kiri diatas, kemudian dilanjut kaki kanan diatas. #2 Posisi Salah Satu kaki Diatas Kursi, Punggung Serong dan Tangan Lurus Kebawah

Gerakan ini sama pada posisi kakinya, dan posisi punggung serong kebawah sekitar 45-60 derajat, dan kepala lurus menyesuaikan posisi punggungnya, arahkan tangan kebawah dan lurus vertikal.

Jika masih bingung memahaminya, lihat gambar berikut.


Lkukan posisi bergantian, dengan kaki kanan diatas kursi seperti pada gambar diatas. Waktu melakukan setiap satu gerakan menyesuaikan kemampuan anda, umumnya 5-10 menit setiap melakukan satu gerakan.

#3 Kaki Terbentang dan Tubuh Menyangga Kursi

Posisi ini lumayan sulit, pasalnya kaki diusahakan terbentang lebar kekanan dan kekiri, lalu posisi tubuh menyandar ke kursi sampai posisi tubuh terasa nyaman. lkukan posisi ini sampai terasa benar-benar nyaman dan relaks.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambarnya seperti gambar berikut ini.


#4 Keki Bersila dan Kedua Ujung Tumit Menempel Pada Selakangan, dan Tubuh Menyandar Kursi

Posisi ini seperti pada gerakan #3 hanya sjaa posisi kaki bersila dan kedua tumit menempel pada selakangan, dan tubuh disandarkan kekursi sampai tubuh terasa nyaman dan relaks.

Gerakan ini lumayan sulit jika masih pemula, sebab harus memposisikan kedua tunit keselakangan, namun anda jangan utus asa, lakukan setiap hari sampai gerakan benar-benar sempurna. Gerakan yang sempurna akan menghasilkan manfaat yang sempurna pula.


#5 Gerakan Terakhir, Relaksasi

Gerakan ini merupakan gerakan penutup, disetiap gerakan yoga ibu hamil bisa diakhiri dengan gerakan seperti ini. Posisikan kedua kaki diatas penyangga empuk seperti guling, lalu tubuh belakang disangga bantal sampai tubuh merasakan relaks dan nyaman. Lakukan gerakan relaksasi ini selama 15-30 menit.


Nah itu dia gerakan-gerakan yoga selama ibu hamil, mudah bukan! Semoga artikel ini dapat membantu kesehatan kaki dan tubuh ibu tetap stabil dan sehat.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui