10 Cara Mengatasi Kesemutan Kaki dari Duduk Bersila dengan Cepat

Cara mengatasi kesemutan atau mati rasa pada kaki pasca bersila - bersila dalam waktu yang lama bisa terjadi kesemutan kaki yang luar biasa, sampai tidak bisa berdiri bahkan lumpuh sementara beberapa menit. Kesemutan bisa terjadi pada siapapun karena faktor peredaran darah yang tidak lancar sehingga terjadi kram dan mati rasa pada bagian anggota tubuh.

Menurut para medis, gejala ini jangan disepelekan, karena bisa saja terjadi gejala lain yang lebih berat seperti stroke. Jika kamu sering mengalami kesemutan pada kaki atau anggota tubuh lainnya maka segeralah mengatisipasinya lebih dini, agar gejala ini tidak sampai membahayakan.

Sebenarnya kesemutan ini wajar sih, saya juga pernah mengalaminya, dulu sering sekali bahkan setiap hampir selesai duduk bersila selalu kesemutan, sampai rasanya kaki ngilu dan tak berdaya untuk menggerakkannya, tetapi sekarang alhamdulillah tidak lagi terjadi, faktor pendukung sembuhnya gejala ini tidak saya sadari karena aktifitas sehari-hari saya. Nanti akan saya bahas salah satu aktifitas saya dibahasan poin-poin dibawah.

Ada beberapa penyebab yang sering terjadi gejala kesemutan pasca duduk bersila, diantaranya faktor infeksi, racun, dan diabetes. Dan rasa khas kesemutan pada orang yang mengalaminya seperti mati rasa, kram, nyeri, gatal dan cenut-cenut seperti tertusuk jarum. Namun, jangan khawatir lagi, karena gejala ini bisa diatasi saat itu juga dimana saat kamu terjadi kesemutan.

Cara Mengatasi Kesemutan Kaki Pasca Bersila dengan Cepat

#1 Meluruskan Kaki dan Menggoyang-Nggoyang Menggunakan Bantuan Tangan

Salah satu cara yang cepat agar kesemutan hilang dengan menggoyang-nggoyang kaki yang sedang kesemutan dengan perlahan sampai kaki merasa nyaman dan tidak mati rasa, goyangan ini bisa memperlancar aliran darah yang terhenti atau tersumbat.

Kenapa darah bisa terhenti atau tersumbat?

Ibarat selang air sudah digunakan dalam waktu yang lama, sehingga lumut yang menempel pada dinding dalam selang sudah tebal, dan pada kondisi yang parah menjadikan selang itu akan tersumbat total oleh lumut. Begitupun dengan urat, urat pada tubuh manusia bisa terjadi karena kotoran yang menempel pada dinding dan pada kondisi parah akan menghambat aliran darah menjadi tidak lancar bahkan terhenti.

Maka, solusi yang cepat dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menggerak-gerakkan bagian yang kesemutan secaa perlahan agar aliran darah lancar dan normal kembali.

#2 Kebiasaan Posisi Tubuh dalam Aktifitas Sehari-Hari

Saat kamu beraktifitas yang cenderung diam seperti kerja diperkantoran yang banyak duduknya, maka harus memposisikan tubuh tegap dan sering bergerak agar tidak terjadi kesemutan dadakan. Cara yang paling sederhana dengan menggoyang-goyang kedua kaki dan duduklah tidak pada posisi seperti membungkuk.

Posisi tidur yang tidak tepat juga menimbulkan mati rasa, seperti posisi tidur miring dengan lengan tangan dijadikan tumpu kepala, atau posisi lainnya yang memicu kesemutan.

#3 Hindari Over Beraktifitas dan Istirahatlah Secukupnya

Aktifitas yang memicu banyak gerakan dan melelahkan juga dapat memicu kesemutan. Aktifitas yang normal saat bekerja tidak lebih dari 8 jam, jika lebih dari itu maka beristirahatlah terlebih dahulu untuk mengembalikan stamina dengan cara berbaring terlentang, hembuskan nafat dalam-dalam, dan enjoylah. Jangan beristirahat dengan tiduran tengkurap, posisi ini tidak diperbolehkan, secara medis dapat menyesakkan nafas bahkan bisa menyebabkan mti dadakan, sedangkan secara islami cara ini merupakan cara tidurnya syaitan, dilarang oleh Nabi SAW.

#4 Melakukan Senam Yoga Jenis Apasaja


Senam yoga atau juga bisa disebut fisioterapi dapat menghindari dari kebiasaan tubuh yang sering kesemutan atau mati rasa. Lakukan gerakan yoga minimal sehari sekali dari pose yang sederhana dan mudah dilakukan oleh pemula sekalipun.
Baca juga: Posisi Senam Yoga, 11 Gerakan Dasar dan Manfaat Yoga Bagi Pemula
Senam yoga selain dapat menenangkan pikiran dan tubuh, juga dapat membantu merangsang sirkulasi darah menjadi lancar dan normal. Jika kamu tidak ada waktu luang mencari referensi gerakan yoga selain diartikel ini, saya akan berikan gerakan yang paling sederhana tetapi merupakan gerakan yang bermanfaat, menyehatkan, dan mudah dilakukan, yakni:
  1. Dari kepala. Putar kepala tiga putaran dimulai dari arah jarum jam, lalu balas ke berlawanan jarum jam, masing-masing 8 putaran saja.
  2. Gerakan tangan. Lentangkan tangan ke arah depan-samping-atas, lakukan gerakan mengenggam dan lepaskan, ulangi setiap arah (depan, samping, atas) sebanyak 8 kali hitungan.
  3. Gerakan pinggul. Putar pinggul ke arah jarum jam sebanyak 8 hitungan, dan balas kerah berlawanan jarum jam.
  4. Gerakan lutut. Putar kedua lutut, posisikan kedua lutut dirapatkan dan putar atau gerak-gerakkan kearah jarum jam sebanyak 8 hitungan, lalu balas kearah berlawanan jarum jam.
  5. Gerakan pergelangan kaki. Jinjit salah satu kaki, bisa dimulai sebelah kanan, dan putar kerah jarum jam sebanyak 8 hitungan, lalu balas memutar kerah berlawanan jarum jam. Lakukan untuk kaki sebelahnya sampai kedua kaki terasa lentur.
  6. Gerakkan terakhir. Hentak-hentakkan kaki dan tangan ke depan sebanyak 8 hitungan atau sampai terasa nyaman dan bugar.
Lakukan gerakan diatas setiap hari setelah bangun tidur pagi. Dan lihat perkembangannya setelah seminggu kemudian. Badan tidak lagi sensitif terkena gejala kesemutan atau mati rasa.

#5 Mengkonsumsi Produk Vitamin B Komplek Sampai Mencukupi


Tubuh yang kekurangan vitamin B12 kaan mudah terjadi gejala kesemuatan. Sifat vitamin ini dapat menyembuhkan rasa episodik atau penyakit kronis kesemutan, dan membantu pencegahan penyakit strok. Sebelum mengkonsumsi produk vitamin B komplek sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik, atau bisa mencari informasi pada teman-teman kamu yang pernah mengalami mengkonsumsi produk vitamin B komplek. Produk vitamin yang dijual diberbagai toko obat kesehatan selegal apapun, umumnya merupakan obat buatan manusia atau mesin, sehingga jika tidak ada perlakukan dengan hati-hati, bisa over dosis dan membahayakan kesehatan.

#6 Jangan Over Meminum Kopi dan Merokok

Kedua bahan ini mengandung kafein. Bagi penderita yang sensitif mengalami kesemutan atau mati rasa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman kopi dan merokok karena dapat memperparah kondisi gejala ini. Kafein menghidrasi tubuh dan menghambat sirkulasi darah, gejala ini dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa.

Jika kamu sudah terbiasa merokok dan minum kopi, atau dalam istilah saya "kecanduan" maka solusinya dengan berusahan dan niat bulat mengurangi setiap hari 10%-nya dari jumlah yang dikonsumsi setiap hari. Buat jadwal yang pasti dan jangan melanggarnya.

#7 Memperbanyak Magnesium pada Makanan dan Minuman Setiap Harinya

Kandungan magnesium dapat mencegah kesemutan. Sifat magnesium membantu fungsi sistem saraf dan kardiovaskular, dan sifat kedua kandungan ini bisa menyembuhkan masalah insomnia juga, namun efektif melancarkan sirkulasi darah. Konsumsilah dengan rutin dan teratur untuk hasil yang lebih cepat, tetapi perlu untuk diketahui, metode penyembuhan alami tidaklah se-instan menggunakan obat modern, hanya saja cara ini tentu lebih aman dan sehat tanpa efek zat kimia apapun.

#8 Cek Kadar Gula Darah, Jika Naik Segera Atasi agar Normal Kembali

Gejala lain yang umumnya terjadi pada gejala kesemutan ini adalah faktor penyakit diabetes, penyakit ini disebabkan kelebihan gula darah dari normalnya. Mitos masyarakat bahwa penyakit gula darah disbabkan kelebihan mengkonsumsi gula, mitos ini keliru, justru sebaliknya, seseorang yang kekurangan gula darah akan cenderung mempunyai gejala diabetes, dan biasanya diawali gejala sakti kekuningan yang ditandai kulit kuning, putih mata menjadi menguning, dan warna kuku juga menguning.

Jika ini terjadi, segeralah diatasi dengan yang paling sederhana dengan mencukupi kebutuhan gula dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi glukosa dan yang lebih baik lagi mengkonsumsi sukrosa. Glukosa ada pada butiran gula pasir buatan manusia, sedangkan kandungan sukrosa ada pada air tebu segar, keduanya sama-sama manis namun manfaatnya berbeda. Apalagi jaman ini gula pasir sudah melalu tahap revitalisasi pemberian pewarna putih agar butiran gula tampak putih dan bening, ini berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena mengandung zat kimia.

#9 Hindari Sejauh-Jauhnya Minuman yang Mengandung Alkohol Meskupin Hanya Berkosentrasi 1%

Minuman jenis beralkohol tidak baik sekali untuk kesuburan tubuh, bahkan menurut agama islam tidak diperbolehkan mengkonsumsi dan menggunakannya, secara medis juga melarangnya. Jika kamu sering mengalami gejala kesemutan apalagi sakit diabetes maka jauhi dengan jauh-jauh minuman dan makanan yang mengandung alkohol meski berkosentrasi 1% pun. Ini semata-mata untuk kesehatan kamu, karena kesehatan itu mahal sekali.

#10 Menggunakan Produk Obat Antiinflamasi NSAIDs

NSAIDs atau Non Steroidal Anti-Inflammatory Drugs adalah jenis obat modern yang membnatu menyembuhkan penyakit kesemutan atau mati rasa, hanya saja perlu diketahui lagi, jenis obat modern ini tidak seaman obat alami. Jika sakit kesemutan atau mati rasa yang kamu alami sudah parah yang ditandai sering terjadinya kesemutan dan mati rasa berkali-kali dan datangnya dadakan maka bisa menggunakan obat ini, setelah mereda dan ada efek sembuhnya, berhentilah dan ikuti pola hidup yang sehat agar penyakit ini tidak lagi muncul.

Itulah beberapa metode mengobati sakit atau gejala kesemutan dikaki setelah lama duduk bersila. Cara ini juga bisa dilakukan pada bagian anggota tubuh lainnya yang mengalami dadakan mati rasa atau kesemutan. Semoga tulisan yang berjudul "10 Cara Mengatasi Kesemutan Kaki dari Duduk Bersila dengan Cepat" dapat memabntu menyelesaikan masalah kamu dirumah. Salam sehat..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui