10 Metode Ampuh Mengobati Demam Tinggi pada Anak dengan Cepat

Metode Ampuh Mengobati Demam Tinggi pada Anak dengan Cepat - Sering dijumpai disekitar kita seusia anak 2 tahun sampai 4 tahun rentan sekali dengan gangguan sakit demam, ada juga dijumpai yang masih seusia bayi dibawah umur 1 tahun. Ini lumrah terjadi, namun jika tidak bisa mengatasinya maka menjadi demam berkelanjutan.

Sebagai orang tua anak harus tahu bagaimana cara menurunkan panas anak dengan cepat, baik menggunakan obat tradisional penurun panas anak maupun menggunakan ramuan buatan sendiri. Tentu cara alami ini lebih aman. Untuk mengantisipasi terjadi deman pada anak sebaiknya siapkan cara menurunkan panas pada anak tanpa obat dari pakarnya atau carilah ibu-ibu yang pernah mengalami hal yang sama, mestinya mereka tahu persis cara mengobati anak mereka tanpa obat, karena ini penting sebagai pertolongan pertama pada anak.

Demam, terjadi sewaktu-waktu, kita tidak tahu kapan anak kita suhu tubuhnya tinggi, apalagi dimalam hari. Setidaknya ada cara pertolongan pertama pada saat anak kita demam tinggi (step) dimalam hari.

Step terjadi pada anak atau bayi yang lambat penanganannya, jika gagal bisa menyebabkan anak lumpuh total, penyakit ini dinamai struk anak. Penyembuhannya butuh waktu bertahun-tahun untuk kembali normal seperti semual. Untuk itu atasi sesegera mungkin jika anak mengalami kenaikan suhu tubuhnya, cara mengetahui anak suhunya naik bisa membeli alat pengukur suhu di toko apotik. Suhu normal pada tubuh anak jika sama dengan suhu ruangan saat ini, jika lebih tinggi dari suhu ruangan maka pertanda nakan itu sedang gejala demam. Atasi segera dan jangan ditunda-tunda.

Demam pada anak terjadi karena tubuh sedang melawan penyakit flue, ada juga kaerna kecapean bermain yang tiba-tiba tubuhnya naik dengan mendadak, jika dalam kondisi parah, disertai kejang-kejang.

Cara mengatasi demam tinggi pada anak ata kejang-kejang mudah sekali, namun terkadang karena si ibu gugup melihat anak sehingga dibawa kerumah sakit, jika jaraknya dekat tidak masalah, jika jauh maka sama saja memperparah kondisi anaknya bahkan anak bisa menjadi struk dini.

Saya pernah menjumpai langsung pasca anak deman tinggi disertai kejang-kejang, waktu itu sudah dalam keadaan lumpuh. Kebetulan bersama keluarga saya dari jawa untuk membantu menyembuhkan anak tersebut yang kondisinya sudah lumpuh total, beliau menamai penyakit itu dengan nama "struk anak".

Sebenarnya, jika kejadian itu tidak telat mengatasinya, tentu tidak sampai menjadi struk dini. Caranya dengan melumuri minyak kayu putih dicampur dengan alkohol 70%, dan diusapkan kesekujur tubuh anak saat mengalami deman tinggi atau kejang-kejang, biarkan anak tel*njang dan berlumuran minyak kayu putih dan alkohol. Anak akan kembali ke suhu tubuh normal. Reaksi pengobatan alami ini butuh waktu 1-5 menit.

Agar demam ringan pada anak segera sembuh, dari awal supaya mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini. Simak dengan seksama.

#1 Dimandikan Air Hangat

Jika anak kita mengalami demam ringan, tandanya suhu anak lebih tinggi diatas suhu ruangan, maka segeralah untuk memandikannya menggunakan air hangat. Bukan sebaliknya, dilumuri air dingin, justru hal ini akan menjadikan suhu tubuh meningkat. Biasakan memandikan anak yang berumur dibawah 1 tahun dengan air hangat diwaktu pagi harinya, ini untuk mencegah naiknya suhu badan anak.

#2 Suapkan Jenis Makanan Beku atau Cairan Ekstra

Penambahan cairan ekstra mampu menurunkan suhu tubuh anak dengan efektif. Untuk informasi lebih lanjut tentang carian ekstra yang cocok bagi anak anda, disarankan bertanya lebih dahulu kepada ahlinya, karena setiap anak mempunyai perbedaan. Asupan cairan ekstra yang tepat pada anak sangat penting sebagai proses penyembuhan demam.

#3 Hindari Memakai Pakaian yang Tebal-Tebal

Tubuh anak juga harus diajari untuk menyesuaikan kondisi lingkungannya, jika lingkungan dingin maka jangan selalu diberi pakaian tebal-tebal sebagai penghangat badan. Biarkan anak sesekali memakai pakaian longgar seperti biasanya, tujuannya tubuh anak memiliki imun yang kuat yang mampu menyesuaikan kondisi lingkungannya.

#4 Ajak Anak Berkomunikasi agar Riang Gembira

Anak yang girang tentu lebih cenderung sehat. Ajak anak anda untuk berkomunikasi, seperti ajak dia bermain, belajar ngomong, bernyanyi, dan lainnnya, tujuannya supaya anak anda tetap sehat. Anak yag cenderung diam dan sedikit gerak lebih mudah terkena demam, tetapi juga tidak terlalu over aktifitas, karena anak yang kecapean berat akan memicu terjadnya demam mendadak.

#5 Tawarkan Ramuan Air Daun Kemangi/Basil Dicampur Teh dan Jahe

Ramuan ini juga ampuh melawan demam pada anak. Caranya membuatnya mudah saja, rebus 20 daun kemangi dan satu sendok teh herbal apapun, dan beri jahe secukupnya sebagai penghangat tubuh. Tunggu rebusan benar-benar mendidih, diamkan sampai air menjadi hangat, lalu beri minuman ramuan ini kepada anak anda, demam pada anak akan semakin turun.

Untuk rasa yang lebih nyaman, beri ramuan ini dengan madu sebagai rasa manis alaminya, selain itu madu juga dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Ada bisa juga mengganti jahe dengan lada, tetapi jangan terlalu banyak. Agar anda tidak kebanyakan takarannya saya sajikan berikut ini.
  • Kemangi 20 helai
  • Lada 1/2 sendok teh atau menggunakan jahe (yang sudah dilembutkan) sebesar kelereng
  • Teh herbal 1 sendok teh
Berikan ramuan ini 2-3 kali setiap hari, dipagi, siang dan malam hari menjelang tidur. Lihat perkembangannya setelah 3 hari.

#6 Mengkonsumsi Bawang Putih

kandungan bawang putih sangat baik untu menrunkan demam pada anak, hanya saja anak terkadang tidak mau makan bawang putih karena bau dan rasa getirnya, ibu yang tahu cara merayunya. Selain berguna meredakan demam, juga sebagai anti bakteri dan anti jamur, sehingga tubuh tetap sehat dan normal. Cara memberikannya tidak terlalu banyak, nanti bisa-bisa muntah, berikan sebesar kelereng saja. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari. Lihat perkembangan kesehatan anak anda keesokannya.

#7 Menggunakan Jahe

Kandungan jahe memiliki hangat, sehingga dapat melawan panas dalam tubuh. Selain itu, jahe berfungsi sebagai anti viral dan anti bakteri alami dan bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang berfunsi melawan berbagi macam penyakit atau infeksi.

Cara membuatnya sederhana sekali, siapkan 2 sendok makan bubuk jahe, lalu beri air hangat pada baskom. Aduk rata dan diamkan selama 10 menit, oleskan ramuan ini keseluruh punggung anak dan telapak tangan dan kakinya. Setelah itu selimuti badan anak menggunakan selimut yang hangat, suhu badan anak akan segera turun.

Bisa juga membuat ramuan dengan jahe untuk diminumkan. Caranya, seduh bubuk jahe dengan madu secukupnya, bisa juga sebagai gantinya madu menggunakan buah lemon, buat jus lemon ini menggunakan blender, lalu tambahkan jahe dan sedikit gula pasir. Minumkan pada anak 2-3 kali sehari, cara ini akan membantu menurunkan suhu badan anak dengan cepat.

#8 Menggunakan Putih Telur

Putih telur juga bisa menurunkan suhu badan anak dengan efektif. Sejatinya putih telur pada semua jenis telur bisa digunakan, hanya saja telur pada ayam kampung yang lebih bagus kualitasnya. Caranya, pisahkan putih telur dari 3 butir telur ayam kemangkok, lalu kocok sebentar, dan ambil kain bersih dan celupkan kedalam mangkok berisi putih telur. Kain basah putih telur  ini tempelkan pada telapak kaki anak yang demam, Biarkan kain ini menempel pada kaki sampai menering atau sampai kain menjadi hangat lalu celupkan lagi kain mangkok putih telur.

Putih telur ini dapat menarik suhu panas menjadi dingin dari kepala sampai kaki dengan cepat. Hanya butuh waktu sekitar setengah jam saja setelah melakukan cara ini, suhu anak bisa menurun. Kamu bisa membuktikannya langsung.

#9 Menggunakan Kunyit

Kunyit nama lain jawanya dalah kunir, dagingnya berwarna kuning pekat. Ramuan dengan knyit ini juga sangat efektif menurunkan demam pada anak. Didalam kunyit memiliki kandungan kurkumin, yang khasiatnya sebagai antivirus, antijamur, anti bakteri, dan antioksidan, sehingga kekebalan tubuh anak semakin menguat terhadap penyakit jenis apapun. Cara membuatnya, parut kunyit secukupnya, siapkan tumbukan lada sebanyak 1/4 sendok teh, seduh ramuan ini kedalam satu gelas, aduk rata, maka jadilah minuman jamu tradisional. Untuk rasa yang lebih enak, beri madu dan susu ASI segar. Minumkan pada anak 2-3 kali sehari. Anak yang rutin meminum ramuan ini, tubuhnya akan mampu mencegah komplikasi penyakit demam dan mengurangi durasi demam berkepanjangan.

#10 Menggunakan Kayu Cendana

Kayu ini juga efektif meredakan sakit demam pada anak. Didalamnya terdapat sifat terapiutik dan sifat mendinginkan tubuh seorang anak yang sedang demam. Selain itu sifat ramuan ini dapat menenangkan pikiran anak dan tubuh terasa lebih nyaman dan segar. Cara menggunakan ramuan ini mudah saja, campurkan bubuk cendana dengan air sedikit saja, lalu oleskan lapisan ramauan ini ke dahi anak. ulangi beberapa kali sampai demam anak anda menurun dan kembali normal.

Demikianlah beberapa poin penting yang harus diketahui tentang Metode Ampuh Mengobati Demam Tinggi pada Anak dengan Cepat. Pengobatan dengan meramu menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas bisa kamu coba sekiranya bahan-bahan yang digunakan mudah didapat. Pengobatan alami memang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, hanya saja sifatnya tidak instan, tetapi butuh waktu, dan tentu cara ini lebih aman ketimbang menggunakan pengobatan kimia modern saat ini.

Jika dalam pengobatan menggunakan metode alami diatas tetap saja demam pada anak tidak turun-turun, maka bawa kedokter segera, itu pertanda demam pada anak sudah telat mengatasinya, sehingga menggunakan metode alami pun mungkin akan sangat lambat sembuhnya. Dengan membawa anak kamu ke dokter, mungkin dokter akan memberikan cara pengobatan yang lebih cepat. Demam anak akan segera turun dengan cepat jika mengatasinya tidak ditunda-tunda, dan cara menyembuhnya pun lebih mudah dan tidak harus pergi kedokter dengan menghabiskan banyak biaya.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui