Metode Ampuh Pengobatan Alami bagi Penderita Batuk Seusia Bayi

Cara ampuh mengobati sakit batuk pada bayi - Batuk pada bayi terjadi ketika tubuhnya tidak mampu melawan virus dari lingkungannya, atau bisa karena iklim lingkungan terlalu dingin dan berdebu. Gejala batuk ini lumrah terjadi pada bayi mulai usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan sampai usia 1 tahun.

Mengobati batuk pada bayi seusia-usia tersebut diatas tentu berbeda dan harus berhati-hati, pasalnya tubuhnya rentan sekali terhadap obat-obatan modern saat ini. Untuk cara yang lebih aman, gunakan saja cara alami. Hindari masa kanak-kanak menggunakan obat kimia jenis apapun. Memang cara alami butuh waktu proses dalam menyembuhkan batuk anak, tidaklah instan, namun cara alami ini sangatlah aman dan tidak mempunyai efek buruk apapun.

Ada beberapa ciri batuk anak saat ini. Seperti batuk kering yang membuat dada anak sesak nafas, batuk ini terjadi karena penyakit pilek anak. Ada juga ciri-ciri batuk pada anak yang bunyinya mengi, jenis batuk ini biasanya terjadi pada anak yang mempunyai gejala asma atau bronkiolitis. Gejala asma pada anak bisa saja terjadi pada usia dini mulai usia 2 tahun karena faktor gen orang tuanya, artinya gejala ini dibawa sejak ia lahir.

Metode Pengobatan Ampuh bagi Penderita Batuk pada Bayi #1 Menggunakan ASI

Pengobatan alami paling ampuh dan dipercaya para medis sejagad raya adalah air susu ibu atau ASI. Asi ini mempunyai beribu manfaat kesehatan bagi bayi, dan mampu meningkatkan daya imun dalam tubuh bayi, sehingga mampu melawan berbagai penyakit apapun termasuk batuk. Asi mempunyai tingkat steril alami yang sangat baik dibandingkan dengan susu segar sekelasnya, sehingga saat diminum oleh bayi tidak memperparah kondisi kesehatan, justru menyembuhkannya, tetapi bagi ibu tetap membersihkan pay*daranya sebelum bayi menyusu.

Jika kondisi batuk pada bayi sudah berat, berikan asi sebanyak-banyaknya agar batuknya segera reda dan sembuh. Tidak ada istilah over pada Asi, semakin banyak pemberian Asi untuk bayi maka semakin baik, tentu tubuh bayi akan semakin kuat sistem kekebalan tubuhnya.

#2 Ramuan Minyak Mustard Dicampur Minyak Bawang Putih

Ramuan ini juga efektif menyembuhkan batuk pada bayi, hanya sekedar dioleskan saja, tidak untuk dikonsumsi. Cara membuatnya mudah sekali, siapkan minyak mustard sebanyak 1/4 cangkir kecil (atau secukupnya), lalu siapkan juga 2 bawang putih yang sudah ditumbuk, panaskan dan aduk rata menjadi satu kesatuan sampai warna bawang putih menjadi kecokelatan, hati-hati jangan sampai gosong, angkat dan diamkan sampai benar-benar dingin.

Untuk ramuan yang lebih sempurna, tambahkan biji carom atau istilah nama lainnya biji ajwain. Biji ini efektif meredakan batuk pada bayi. Cara mencampurnya seperti cara mencampur bawang putih dengan minyak mustard diatas, setelah selesai memanaskan, diamkan sampai dingin.

Ramuan ini memiliki suhu panas, penggunaannya dengan mengoleskan keseluruh dada dan telapak kaki bayi. Selain itu juga, ramuan ini dipercaya sebagai anti bakteri dan anti virus. Gunakan sesering mungkin atau gunakan saat bayi sedang berbunyi batuk.

#3 Menjaga Kebersihan Bayi

Ini paling penting. Selalu hindari bayi dari hal yang kotor, terutama pada tangan bayi, karena tangan mereka menjadi tolok ukur kesehatan, jika tangan kotor maka gampang sekali terkena penyakit batuk, karena pada usia bayi, tangan mereka sering dimulut. Buat tangan bayi selalu dalam kondisi bersih.

Batuk pada bayi memang terjadi tidak hanya dari kuman lingkungan, namun dari faktor lainnya. Tetapi perlu diingat, agar batuk bayi segera sembuh dan tidak menjadi parah, maka kebersihan pada tubuh bayi selalu dijaga, tidak hanya anggota tangannya, secara keseluruhan tubuh harus selalu bersih.

#4 Menggunakan Jus Wortel


Jus wortel juga efektif menyembuhkan batuk bayi. Coba mulai tawarkan jus wortel sedikit demi sedikit agar bayi tidak alergi. Meskipun alergi wortel sangat jarang terjadi pada bayi, setidaknya memperkenalkan jenis minuman ini agar bayi menerimanya. Meminum jus wortel setiap hari dengan rutin dan teratur dapat membantu menyembuhka sakit batuk pada bayi.

Cara membuat jus ini mudah dan sederhana, siapkan wortel yang bersih sesuai kebutuhan, lalu haluskan menggunakan mesin blender, tambahkan madu atau ASI agar rasanya enak dan tujuannya si bayi tidak menolak meminumnya.

#5 Masakan Sup Khusus Untuk Bayi

Masakan sup juga efektif membantu meredakan sakit batuk dengan cepat. Sup bayi tidak seperti sup orang dewasa, cukup menggunakan buah tomat atau jenis sayuran segar yang alami (non pestisida). Dan perlu diingat, gunakan bumbu alami juga seperti membuat bumbu penyedap menggunakan paduan garam dan gula, hindari jenis penyedap kemasan apapun, karena ini akan mengandung efek masa depat, seperti penyakit persendian, kanker dan penyakit bahaya lainnya.

Mengkonsumsi sup sayuran yang cukup dapat menambah energi bayi, ini juga akan membantu melawan penyakit batuknya. Beri sup ini saat bayi sedang berbunyi batuk atau diberikan setiap kali pada jadwal makannya, dan lihat hasilnya.

#6 Menggunakan Madu Lebah Alam

Madu lebah alam memang dipercaya berkhasiat untuk melawan batuk pada bayi. Madu merupakan obat alam yang paling bagus, para medis mempercayainya sebagai obat segala macam, termasuk batuk-batuk. Cara memberikan madu pada anak yang batuk dengan membuat jadwalnya, rutin dan teratur, paling sedikitnya 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh setiap mengkonsumsi atau takarannya sesuai kebutuhan. Karena metode pengobatan alami tidak ada istilah over dosis, semain sering memberikannya maka hasilnya semakin optimal.

Setiap madu yang lewat ditenggorokan bayi akan memberikan rasa nyaman dan melegakan tenggorokan yang kering dan gatal, sehingga dapat menekan suara batuk pada bayi, mencegah luka pada tenggorokan dan penyakit komplikais lainnya.

#7 Menggunakan Kunyit Dicampur Susu

Kunyit juga ampuh mengatai batuk pada bayi. Cara membuat ramuan ini mudah sekali, parut kunyit secukupnya lalu peras kandungan airnya, buang ampasnya, ambil airnya dan campur dengan susu murni atau bisa menggunakan air susu ibu.

Ramuan ini terkenal untuk mengobati batuk berdahak pada bayi. kamu bisa juga mengganti susu atau Asi menggunakan bubuk sari buah kelapa untuk rasa manis agar bayi mau minum ramuan ini. Lakukan cara dengan rutin dan teratur setiap harinya 2-3 kali. Lihat hasilnya setelah beberapa hari.

#8 Menggunakan Ramuan Jahe Ala Rasa Kopi

Ramuan jahe ala kopi ini bukan berarti dimaknai apa adanya jahe dan bubuk kopi, akan tetapi minuman yang rasanya layaknya jahe kopi. bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan rasa begini menggunakan bahan-bahan alami, lihat detail cara membuatnya dan takaran yang pas seperti tercantum dibawah ini.
  1. Jahe di iris-iris sebanyak 2 buah kecil
  2. Daun tulsi 2 lembar
  3. Lada 2 biji
  4. Kapulaga 2 biji
  5. Cengkeh 2 biji
  6. Bubuk jerami atau jaggery 1 sendok makan
  7. Air 1 gelas
Cara meramunya saja, rebus air bersama bahan-bahan diatas, masukkan semuanya menjadi satu wadah. Panaskan sampai mendidih, diamkan sampai dingin dan saring arinya kedalam gelas. Tunggu sampai mengendap, biasanya tetap saja masih ada endapannya, lalu minumkan pada anak. Ramuan ini sangat efektif melawan sakit batuk berdahak dari yang tadum ringan sampai bandel sekalipun. Kamu bisa membuktikannya untuk anak kecil.

#9 Menggunakan Ramuan Biji Jinten

Ramaun ini bisa mengatasi batuk pada bayi secara kontak, instan, dan tentu aman. Ramuan ini harus tersedia untuk digunakan sewaktu-waktu, pasalnya obat ini langsung bereaksi kontak untuk meredakan atau menghilangkan gatal pada tenggorokan sehingga bayi tidak bersuara batuk-batuk. Cara membuat ramuan ini sederhana sekali, siapkan biji jinten sebanyak 1 sendok teh, lalu seduh menggunakan air panas, atau juga bisa kamu rebus sampai warna air menjadi kehitaman atau sampai kandungan pekat jinten tercampur air, setelah itu diamkan sampai hangat, beri madu lebah murni untuk rasa manisnya. Minumkan ramuan ini pada bayi.

#10 Menggunakan Jahe Dicampur Garam Beryodium

Ramuan jahe juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk bayi dengan efektif. Selain itu juga dapat meredakan penyakit sekelasnya seperti pilek. Cara membuat ramuan ini mudah seklai, ambil sepotong jahe sebesar ujung jari lalu iris-iris lembut, rebus menggunakan air 1 gelas sampai airnya berkurang menjadi 1/2 gelas. Diamkan sampai menghangat, tambahkan sedikit garam untuk rasa asinnya, jangan sampai keasinan, bayi tidak suka rasa-rasa yang terlalu. Minumkan pada bayi saat berbunyi batuk, metode ini bisa berhasil meredakan batuk pada bayi dengan efektif.

#11 Berkumur Menggunakan Ramuan Air Kapur Alam Dicampur Madu dan Air hangat


Kapur termasuk bahan bangunan, tetapi ia dari alam dan tentu tidak mengandung zat kimia berbahaya. Manfaatkan kandungan pada kapur ini untuk membantu menyembuhkan sakit batuk pada anak. Cara membuatnya mudah saja, siapkan kapu batu alam sedikit saja 1/4 sendok teh, seduh dengan air hangat dan beri madu. Lalu berikan pada anak untuk berkumur-kumur saja, tidak untuk diminum. Hanya saja, metode pengobatan ini direkomendasikan hanya untuk anak diatas usia 4 tahun, karena usia-usia ini bisa diperintah hanya melakukan kumur-kumur, shingga peluang terminum kecil sekali. Lakukan cara ini setiap kali anak bersuara batuk-batuk, lihat hasilnya, batuk anak akan segera berhenti dan sembuh.

Itulah cara mengatasi batuk-batuk pada bayi atau anak mulaid ari usia 2 bulan sampai usia pra remaja. Semoga artikel tentang Metode Pengobatan Ampuh bagi Penderita Batuk pada Bayi bisa menjadikan referensi buat kamu, dan bisa langsung kamu praktekkan untuk mengobati sakit batuk pada anak atau bayi. Semoga bermanfaat..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui