Hidung Mimisan, Penyebab dan Metode Pengobatan yang Ampuh untuk Penyakit Mimisan

Hidung Mimisan, Penyebab dan Metode Pengobatan yang Ampuh untuk Penyakit Mimisan - Penyakit ini terjadi akibat peradangan dalam anggota hidung, medis mengatakan epistaksis. Bila hal ini terjadi maka hidung akan mengeluarkan darah secara terus-menerus sampai waktu tertentu. Gejala mimisan tidak menandakan bahaya, hanya saja jika tidak diatasi dengan segera akan memperparah kondisi, tubuh akan lemas sekali karena kurang darah, bahkan pada tingkat yang parah dapat mengakibatkan ancaman yang serius.

Ciri mimisan ada dua, darah menetes dan mengalir. Jika menetes biasanya mimisan dibagian depan rongga hidung (lukan pada rongga ujung dan pangkal hidung), sedangkan jika mengalir terus-menerus biasanya luka pada bagian dalam hidung, yakni dibagian antara rongga pangkal hidung dan otak.

Semua ciri mimisan ini sebenarnya tidaklah begitu membahayakan, karena daapt ditasi denan segera dan mudah. Nanti akan dibahas disini, tapi sebelumnya kamu harus mengetahui dulu penyebab terjadi sakit mimisan ini.

Penyebab Hidung Mimisan yang Dijumpai Dalam Kehidupan Sehari-Hari Penyebab umum terjadinya mimisan karena dari beberapa faktor, baik disengaja maupun tidak. Didalam lingkungan sehari-hari kita terkadang pintu faktor penyebab iritasi pada hidung, sehingga hidung kita terluka dan mengeluarkan darah. Ini biasa terjadi dan lumrah terjadi pada siapa saja, tidak mengenal usia. Apalagi tubuh kita mempunyai sistem imun yang lemah atau tingkat sensitifitas tinggi, sehingga mudah sekali terkena iritasi dinding hidung. Seperti bebrapa penyebab dibawah ini.

#1 Penyebab Hidung Mimisan dari Faktor Lingkungan

Saat kamu bejalan-jalan pergi keluar rumah, sekiranya kondisi jalan disekitar kamu penuh dengan debu, mka sebaiknya perimbangkan untuk keluar rumah, jika terpaksa harus keluar rumah, maka pakailah penutup hidung (masker) yang berkualitas. Bentuk butiran debu sangatlah kecil, namun perlu diketahui bahwa bisa saja bentuknya butiran debu itu tajam dan runcing, sehingga saat terhirup oleh hidung dan tertanam di dinding hidung maka akan terjadi luka lalu kemudian akan mengiritasi. Inilah salah satu penyebab keluarnya darah melalui hidung.

#2 Faktor Ngupil

Kebiasaan mengupil yang kasar dapat menyebabkan luka pada dinding hidung. Apalagi kuku jari-jari tangan kamu panjang-panjang dan tajam, peluang besar melukai selaput dinding dalam hidung yang menyebabkan mimisan.

Kebiasaan ngupil biasanya diawali sejak usia kecil, sehingga jika kamu menjumpai anak kecil yang sering nguil maka cegahlah, kebiasaan ini akan berlanjut sampai pada usia dewasa, selain itu, perbuatan kebiasaan ini akan memberikan peluang besar menimbulkan mimisan pada hidungnya.

#3 Faktor Iritasi pada Mukosa

Iritasi pada mukosa terjadi karena over penggunaan obat semprot hidung, seperti obat semprot pilek, batuk, dan lain-lain. Hindari berbagai jenis produk obat modern saat ini, karena sebagian besar terdapat zat kimia yang tentu akan menimbulkan efek buruk pada kesehatan kita. Pilihlah cara yang alami saja, tentu cara ini lebih aman. Iritasi pada mukosa pada kasus lainnya juga bisa terjadi karena faktor lingkungan seperti cuaca yang panas dan kering (kemarau panjang).

#4 Faktor Tumor

Gejala ini mudah diketahui, mempunyai perbedaan dari faktor-faktor diatas. Tumor yang tumbuh dibagian dalam hidung atau dinding hidung akan mudah sekali memicu mimisan disertai hidung tersumbat seperti pilek berat serta rhinosinusitis.

Penyakit tumor hidung ada yang jinak dan ganas. Pada sebagian kasus yang lebih parah, tumor ganas akan sangat berbahaya sekali dan dapat menganjam nyawa seseorang, untuk itu segera untuk dioperasi pada dokter spesial dibidang penyakit tumor, usaahakan yang benar-benar berkualitas, pasalnya jika operasinya tidak tuntas dan bersih maka akan muncul kembali tumor ganas ini.

#5 Faktor Kelainan pada Sekat Hidung

Hidung mempuyai sekat yang lunak sakali. Jika hidung sering kotor dan tidak terjaga kebersihannya maka akan menumpuk kuman, bakteri, dan virus yang tertancap pada sekat hidung ini, sehingga sekat mengalami iritasi atau luka, dan akhirnya pada sebagian kasus menyebabkan pendarahan atau mimisan.

#6 Faktor Pembuluh Darah yang Kaku

Ini terjadi karena dari faktor sistemik tubuh seseorang. Jika kamu memiliki pembuluh darah yang kaku maka akan sering sekali terjadi mimisan, bahka ratusan kali dalam seumur hidupnya. Jika ini terjadi maka dari dini bawalah kedokter untuk diobati. Jangan mudah putus asa, berusalah sampai masalah ini tuntas dan sembuh. Dokter akan memberikan cara terbaik untuk mengatasi mimisan yang berulang-ulang, seperti pola hidup bersih dan sehat. Jika perlu mintalah cara pengobatan alami yang bisa diterapkan sendiri dirumah untuk penghematan biaya.

#6 Faktor Sistemik

Faktor-faktor sistemik lainnya yang menyebabkan mimisan pada hidung seperti gangguan atau penyakit darah, gangguan darah keturunan seperti gejala hemofilia, dan gangguan hati maupun gangguan penyakit darah yang tidak diketahui penyebabnya.

**

Untuk mengatasi dan mengobati mimisan hidung ringan sebenarnya bisa diobati dengan metode alami, dan obat yang didapat mudah dijumpai disektar kita, kita bisa membuatnya sendiri.

Metode Pengobatan Alami untuk Penyakit Mimisan dengan Ramuan  Buatan Sendiri

Kamu jangan bimbang dan khawatir, apalagi takut. Penyakit mimisan hal yang lumrah terjadi pada siapapun, jika kamu mengalami peyakit seperti ini sebenarnya bisa diobati dengan efektif dengan ramuan buatan sendiri. Bahan-bahan yang digunakan mudah didapat disekitar kamu, selain metode pengobatan alami bisa efektif menyembuhkan hidung yang mimisan juga tentu cara ini lebih aman dan tidak menimbulkan dampak buruk apapun.

#I Jangan Panik Saat Hidung Dadakan Mengeluarkan Darah

Darah yang keluar dari hidung bisa saja terjadi pada siapa saja, namun jika kamu terjadi keadaan yang seperti ini maka jangan panik, rasa panik akan memperparah kondisi mimisan. Buatlah diri kamu relaks dan tidak tegang, duduklah dan jangan tidur, posisikan kepala diatas jantung kamu. Jika tubuh kamu lemah luar biasa maka bisa tiduran dengan bantal yang tinggi, agar posisi kepala diatas jantung, sehingga darah tidak tersumbat didalam hidung yang menyebabkan ancaman berbahaya bagi kamu.

Kamu juga bisa menyumbat lubang hidung kamu dengan kapas, karena kapas bisa menyerap darah, sehingga perlakuan ini sama dengan membuang darah kotor. Darah kotor lebih mudah menggunpal. Jangan bernafas dari hidung, tetapi bernafaslah dengan mulut, agar tidak terjadi tekanan pada hidung dan tidak memperparah kondisi keluarnya darah, dan perlakuan dapat mempercepat darah mampet.

Biarkan jika ada darah yang keluar melalui tenggorokan, karena ini akan membuat diri kamu lebih baik. Darah yang keluar dari tenggorokan biasanya karena dinding dalam hidung luka (tepatnya sekitar antara otak dan rongga ujung hidung dalam).

#II Jaga Kelembaban Didalam Rumah

Mimisan seperti saya jelaskan diatas karena faktor lingkungan yang kering, apalagi dalam keadaan ruangan ada ac yang menyebabkan ruangan kering, hindari ruangan ac jika kamu mempunyai kelainan dinding hidung yang mudah berdarah. Boleh menggunakan ruangan ber-Ac asalkan bisa mengatur kelembapan ruangan. Ruangan yang kering akan memicu dinding hidung kering dan terjadi pemecahan pada pembuluh darah.

#III Jaga Kelembapan Dindin Dalam Hidung

menjaga hidung selalu lembab merupakan pencegahan mimisan, apalagi bagi penderita sensitifitas gejala mimisan, jika hidung kering karena faktor lingkungan dan lain-lain maka mudah sekali terjadi dadakan keluar darah melalui hidung.

Cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga hidung selalu lembab dengan cara menghirup air bersih sampai ditengah hidung, seperti saat kamu wudhu hendak ibadah sholat. Lakukan sesering mungkin minimal 5 kali sehari.

#IV Memperbanyak Mengkonsumsi Vitamin C dalam Buah Jeruk

Tubuh yang cukup dengan vitamin C akan memperkokoh pembuluh darah, apalagi kandungan didalam buah jeruk ini terdapat bioflavonoid yang rasa khasnya asam manis, kandungan ini membuat pembuluh darah menjadi tebal dan kuat. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi buah jeruk minimal 3-5 buah sehari atau sesuai kebutuhan, asalkan jangan berlebihan karena buah ini mengandung rasa asam yang memicu penyakit perur seperti penyakit asam lambung.

#V Jauhi Makanan Beralergi

Setiap orang biasanya memiliki pantangan makanan, jika dipaksa maka akan alergi. Adakalanya seseorang yang dadakan mudah mimisan bermula dari pola makanan yang tidak cocok untuk tubuhnya sehingga terjadi mimisan. Kamulah yang dapat memahami kondisi diri sendiri, orang lain atau dokter hanya memberikan solusi dari keluh kesah yang kamu alami. Pahami dengan serius jika kondisi hidung kamu rentan sekali terhadap mimisan, seperti memahami makanan dan minuman yang mudah memicu terjadinya mimisan.

#VI Memberi Setetas Minyak dari Buah Tanaman Jarak Ke Dinding Hidung

Minyak buah dari tanaman jarak sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit mimisan dengan cepat, caranya dengan mengekstrak biji buah jarak sampai keluar minyaknya, hanya saja meniris minyak buah jarank ini tidaklah segampang meniris minyak buah kelapa. Untuk itu, belilah langsung ditoko kesehatan tradisional atau beberapa toko apotik menyediakan minyak ini. Ambil setetes minnyak jarak lalu teteskan ke lubang hidung agar dinding hidung terlumasi minyak ini. Dinding hidung yang luka dan keluar darah akan mampet dan sembuh, pasalnya kandungan minyak ini terdapat vitamin E dan seng oksida.

#VII Boleh Mengupil Tetapi dengan Lembut

Bila kamu ingin membersihkan upil dalam hidung hendaknya melakukan dengan hati-hati, jangan melakukan dengan keras atau saat bangun tidur, bersihkan kotoran hidung setelah mandi atau setelah hidung dibasahi air sehingga kotoran didalamnya bisa lunak dan mudah dikeluarkan. Upil yang keras akan melukai dinding hidung. Gunakan cutton bad untuk mengupil dan hindari dengan jari tangan apalagi terdapat kuku yang tajam-tajam.

#VIII Boleh Mencabut Bulu Hidung Tetapi Pelan-Pelan

Hidung yang sensitif mimisan akan mudah sekali luka. Jika kamu hendak mencabut bulu hidung maka sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu, karena biasanya bulu hidung membuat tidak nyaman dan akhirnya dicabut dengan paksa. Perlakuan ini bagi hidung sensitif tidak diperkenankan, bolehpn harus sangat berhati-hati. Agar dinding hidung tidak lka dan keluar darah maka lakukan cabut bulu dengan pelan-pelan, tarik ujung bulu hidung menggunakan pencabut bulu jenggot sampai bulu tertarik tegang dan cabutlah dengan perlahan dan tidak dadakan. Mencabut bulu hidung denan dadakan akan memicu hidung keluar darah dan rasanya sakit luar biasa dan biasanya disertai mata merah dan keluar air mata.

Jika perlakuan ini dirasa meragukan maka sebaiknya potong saja bulu hidung ini, lakukan dengan rutin agar bulu hidung tidak keluar sampai ke kumis.

Demikianlah tentang penyebab hidung mimisan dan metode pengobatan yang ampuh untuk penyakit mimisan. Tips diatas juga bisa diterapkan cara mengatasi mimisan pada anak yang tiba-tiba mimisan. Penyebab mimisan pada orang dewasa dan cara mengatasinya seperti artikel diatas bisa diterapkan dan aman kepada usia anak-anak. Karena bisa saja terjadi mimisan pada anak yang dipicu kuat oleh alergi makanan, kondisi lingkungan yang ekstrim panas atau dingin, dan faktor-faktor lainnya.

Jika ada yang berfikiran mimisan pada anak berbahayakah?? jawabannya tidak berbahaya, mimisan ini lumrah erjadi pada siapapun, baik diusia anak-anak, remaja, dan dewasa. Hanya saja jika mengalami penyakit ini harus segera diatasi segera agar dinding hidung kembau normal dan kuat, caranya seperti metode-metode diatas. Semoga artikel ini bermanfaat..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui