13+ Obat yang Bagus Mengobati Mual, Masuk Angin, Perut Kembung dengan Cepat

Cara yang benar mengobati rasa mual, masuk angin dan perut kembung itu mudah saja, banyak caranya dengan menyesuaikan selera masing-masing, pasalnya ada banyak sekali obat alami yang mudah diperoleh disekitar lingkungan kita.

Masuk angin ditengarai karena adanya angin yang masuk ke tubuh atau perut yang berasal dari angin lingkungan sehingga perut menjadi kembung, jika ini terjadi maka efek yang timbul seperti rasa mual dan nafsu makan pun berkurang, serta biasanya ditandai dengan kepala pusing dan badan lemas berat.

Cara yang paling gampang menyembuhkan penyakit ini dengan mengeluarkan angin dalam tubuh melalui pori-pori, bisa dengan menggunakan obat konsumsi maupun menggunakan cara manual dengan menggosok pori-pori kulit, yang dikenal dikeseharian kita dengan "kerokkan". Hanya saja kerokkan ini jika keseringan maka pori-pori kulit menjadi lebar sehingga rentan sekali terkena masuk angin dan pada sebagian kasus yang lebih parah terjadi masuk angin duduk yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Cara kerokkan ini sebaiknya dihindari saja, gunakanlah metode pengobatan alami saja. Diantaranya sebagai berikut ini.


Obat Alami yang Bagus untuk Mengobati Masuk Angin dan Perut Kembung dengan Cepat


#1 Menggunakan Kunyit Dicampur Madu dan Jahe Merah/Putih

Kunyit memang obat perut yang dipercaya sejak zaman dahulu, ia bisa menghilangkan rasa mual akibat masuk angin dan perut kembung dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Untuk ramuan yang lengkap, tambahkan bahan jahe apapun, baik jahe merah dan putih, sesuaikan saja dengan selera kamu. Cara membuat ramuan ini mudah saja.

Begini..

Siapkan kunyit satu jempol tangan dan jahe setengahnya, lalu parut keduanya dan peras, sisihkan hasil perasan itu. Buatlah hasil perasan ini sebagai minuman secangkir sedang, curahkan air hangat kedalam cangkir dan masukkan perasan kunyit dan jahe serta tambahkan madu alam sebagai pemanis alami. Tambahan jahe disini untuk membantu mempercepat mengeluarkan angin didalam tubuh dan perut. Ramuan ini tidak ada efek samping, sehingga bisa kamu konsumsi sesering mungkin dan rutin sampai masuk angin dan perut kembung benar-benar sembuh total. Kamu bisa meminum ramuan ini sehari tiga cangkir sedang dalam sehari, yakni diwaktu pagi, siang dan sore hari, jika ingin meminum lebih dari tiga kalia tau tiga cangkir dipersilahkan. Metode pengobatan alami tidak ada efek samping zat kimia apapun, ia aman di konsumsi dan tentu semakin banyak mengkonsumsi akan menyehatkan tubuh.

#2 Tidurlah dan Jangan Banyak Beaktifitas


Istirahat saat masuk angin dan perut kembung adalah wajib, istirahatlah lebih waktu agar masuk angin dan perut kembung segera sembuh. Penyakit masuk angin ini tergolong penyakit ringan, akan tetapi jika tidak diperhatikan bisa menjadi membahayakan seseorang, penyakit masuk angin yang parah bisa menjadi penyakit "angin duduk".

Perbanyaklah tidur dan jangan banyak aktifitas selama gejala sakit masuk angin sedang menghampirimu. Dengan tidur lebih waktu, badan akan segera kembali normal seperti sedia kala.

#3 Ingatlah dengan Sup Ayam Pedas dan Santaplah Lahap-Lahap

Apa hubungannya dengan masakan kuliner ini, kok sup ayam pedas bisa membantu meringankan badan yang mual akibat masuk angin! Sebenarnya bukan hanya masakan sup ayam saja yang bisa menyembuhkan masuk angin dan rasa mual pada diri kamu, masakan lain sekelasnya pun berfungsi sama asalkan didalam bumbunya terdapat rasa pedasnya, baik dari bahan merica/lada, cabai, atau jahe, hanya saja jika rasanya tidak enak spesial seperti pada sup ayam bagi sebagian orang yang mengalami sakit tidak bisa masuk kedalam perut meskipun dipaksa, makanan akan dimuntahkan seketika itu juga.

Nah, itulah kenapa masakan sup ayam pedas termasuk solusi meredakan rasa mual akibat masuk angin dan perut kembung. Rasa yang nikmat dan pedas inilah yang bisa meredakan atau mengeluarkan angin didalam perut. Cobalah jika tidak percaya, saat masuk angin segera buat sup ayam pedas dan santaplah lahap-lahap, badan kamu niscaya akan lebih ringan dan nyaman, penyakit masuk angin pun akan sembuh secara perlahan.

#4 Banyaklah Mengkonsumsi Vitamin C Plus atau Buah Jambu Biji, jeruk, Lemon, Buah Kiwi

Karena disini adalah metode pengobatan alami, maka untuk mendapatkan vitamin C plus bisa diperoleh dari buah-buahan, jika kamu malas memakan buah bervitamin C maka bisa membeli obat vitamin C yang dijual di apotek, tetapi perlu diingat jangan over dosis, konsumsilah dengan wajar sesuai kebutuhan. Berbeda saat kamu mengkonsumsi buah bervitamin C dari alam, semakin banyak mengkonsumsi maka semakin baik dan tingkat vitamin C didalam tubuh semakin banyak. Ingat alam itu indah dan menyehatkan, tanpa ada efek samping zat kimia sedikitpun disana, itulah hebatnya ciptaan vitamin C dari sang Pencipta Alam.

Tubuh yang sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh karena masuk angin dan perut kembung ini bisa mereda dengan tubuh yang sudah diberi asupan vitain C yang mencukupi. Jangan lupa untuk istirahat terlebih dahulu, jangan langsung dibuat beraktifitas, tunggu badan sampai benar-benar sembuh.

#5 Minumlah Selalu yang Hangat Bukan Air Dingin/ES

Tubuh yang sedang mengalami masuk angin atau gejala perut kembung dilarang meminum air yang dingin atau jenis olahan minuman es apapun sekalipun mengandung vitamin dan gizi yang melimpah. Hindari dulu asupan kedalam perut yang sifatnya dingin, jika minum maka minumlah yang hangat-hangat saja. Seperti air putih hangat, jahe hangat, dan minuman lainnya. Tujuannya adalah untuk membantu keluar keringat lebih cepat. Jika tubuh bisa berkeringat, bisa dipastikan angin didalam tubuh berkurang dan sakit masuk angin semakin hilang. Kunci sukses menyembuhkan masuk angin adalah menjaga tubuh selalu dalam keadaan hangat.

#6 Mengkonsumsi Ramuan Minuman Jahe Dicampur Bawang Merah

Ramuan jahe dikenal dengan sifat hangatnya, sedangkan bawang merah tekenal dengan sifat sejuta manfaatnya. Kedua bumbu dapur ini memiliki sifat hangat, sehingga paduan ramuan ini memiliki khasiat yang bagus untuk menyembuhkan masuk angin dengan cepat.

Adapun cara membuanya mudah dan sederhana. Siapkan jahe dan bawang secukupnya, keduanya dibakar sampai setengan matang atau sampai harum khasnya keluar. Setelah itu gecek keduanya sampau lembut. Siapkan gelas dengan isi air hangat dan masukkan ramuan ini kedalamnya, aduk sampai melarut dan warna air putih berubah warna menjadi keruh, tambahkan madu sebagai pemanisnya, diamkan sebentar sampai ampasnya mengendap, minumlah.

#7 Memakan Ramuan Daun Pepaya Gantung Bertali

Rasa pahit belum tentu selalu membuat perut bertambah kembung, beda pada kandungan sifat pahit didalam daun pepaya, kandungan dari rasa pahit ini bisa menyembuhkan perut kembung akibat masuk angin. Daun pepaya yang bagus adalah jenis pepaya gantung, ciri-cirinya biasanya tidak berbuah, hanya muncul kembang-kembangnya, berbuahpun tidak bisa besar dan rasa buahnya jika matang tidak seenak pepaya biasa.

Pepaya jenis ini dikenal dikalangan saya dengan "pepaya gantung" karena banyak kembangnya bergantungan begitupun jika ada buahnya bergelantungan seperti ada talinya. Daun dari pepaya gantung ini pahit sekali sehingga bisa dijadikan obat, salah satu obat tradisional jaman dulu untuk menyembuhkan sakit perut, perut kembung dan menyembuhkan penyakit masuk angin.

Cara membuat ramuan ini mudah saja, bisa untuk lalapan atau direbus terlebih dahulu, usahakan ketika merebus tidak terlalu lama, sekiranya terlihat layu dan sudah lunak bisa langsung diangkat, lalu makanlah dengan nasi sebagai obat lalapan, agar rasanya puas bisa bersamaan dengan sambal atau saus pedas saat melahapnya. Atau dengan metode lain, yakni dengan merebus sampai air rebusan berwarna hijau gelap dan airnya bisa diminum. Untuk rasa minuman yang enak, bisa ditambah madu beberapa sendok makan agar rasa pahit tidak terlalu berasa.

#8 Ramuan Air Ubi Merah Dicamput 6 Bahan Alami Berikut..


Jenis ubi merah ditempat saya masih banyak ditemui, tempat saya di kalimantan barat, banyak orang dayak yang menanam jenis ubi merah ini, ternyata air hasil rebusannya bisa sebagai obat masuk angin dan perut kembung. Namun, untuk khasiat yang plus bisa mempadukan 6 bahan alam lainnya seperti jahe, 8 butiran merica, 8 butiran kapulaga, 4 butiran cengkeh, kayu manis, dan secuil gula merah sebagai pemanis alami. Ukuran bahan ramuan bebas, sesuaikan dengan kebutuhan kamu, ukuran diatas hanya sebagai ukuran standar.

Ramuan ini bisa diterapkan bagi kamu yang sering menderita masuk angin atau sudah menjadi langganan penyakit saat musim dingin atau musim hujan, ramuan-ramuan tersebut bisa menigkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bebas sakit masuk angin.

#9 Mengkonsumsi Ramuan Jahe Dicampur Jeruk Nipis


Jka kerpetan mencari 6 bahan alami diatas maka sebagai ganti alternatifnya adalah jeruk nipis saja. Jeruk nipis kaya akan vitamin C-nya, ini sebagai penambah kekebalan tubuh dari masuk angin, sedangkan jahe sifatnya penghangat tubuh sehingga memicu angin didalam perut bisa keluar melalui ke[n]tut.

Cara meramu jamuan ini mudah saja. Siapkan jahe sebanyak 1/3 jari, jeruk nipis yang sudah matang atau tua sebanyak separuhnya saja dari bulatan buahnya, gula merah sebanyak 1 sendok makan atau lebih yang sifatnya untuk pemanis alami. Seduh hangat-hangat dalam 1 gelas dan minumlah.

#10 Jika Minim Bahan, Ramuan Jahe Sudah Mencukupi Sebagai bat Masuk Angin

Jika didapur kau tidak ada bahan lainnya selain jahe, maka bumbu tunggal ini bisa dijadikan obat tunggal masuk angin, pasalnya didalam jahe bersifat obat segala macam penyakit terutama menyembuhkan masuk angin, pada hakekatnya jahe merupakan penghangat badan dan pemicu keringan. Tubuh yang lemas berat karena masuk angin bisa disembuhkan dengan wedang jahe, asalkan rutin dan teratur setiap hari 3x.

Pada sebagian orang tidak tahan dengan sifat panas pada jahe sehingga efeknya me[n]cret. Untuk itu, jangan terlalu pekat dalam meramu wedang jahe agar perut tetap kuat menerima ramuan jahe ini. Agar cepat manjur dan sembuh dari masuk angin, setelah minum ramuan wedang jahe ini supaya lekas istirahat dikamar tidur dan tutuplah seluruh tubuh kamu menggunakan selimut tebal, tujuannya supaya tubuh bisa berkeringat.

#11 Pengganti Penghangat Badan Selai Jahe Adalah Bawang Merah dan Putih

Kamu juga bisa menggunakan bawang merah dan putih sebagai penghangat badan, kedua bahan dapur ini memiliki sifat yang sama seperti jahe, hanya saja tidak ditelan atau diminum tetapi cukup dioleskan saja ke perut, dada, punggung atau keseluruh tubuh agar tubuh menjadi hangat. Apakah tidak kepanasan? sifat kedua bahan dapur ini tidak panas seperti kandungan didalam jahe, hanya sebatas hangat.

Jika kuat akan baunya bisa dimakan langsung, kedua bahan ini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan jenis penyakit apapun serta dapat memperlancar alairan darah didalam tubuh. Kandungan paling banyak didalam bawang merah dan putih ini adalah anibiotik dan antioksidan, fungsinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit masuk angin dan perut kembung.

#12 Meramu Obat Alam dari Daun Sembukan/Ke[n]tutan

Tahukah kamu daun sembukan? konon, daun ini merupakan idaman bagi orang-orang dahulu saat mengalami sakit masuk angin disertai perut kembung, caranya dengan melilitkan daun sembukan kedaerah perut menjadi ikat pinggang.

Apakah daun ke[n]tutan yang berbau tak sedap bisa dimakan?

Sebenarnya tidak ada sifat racun didalam daun ini hanya saja baunya tak sedap sekali bagi sebagian orang. Agar cara manual diatas kurang nyaman maka bisa mengkonsumsi daun ini.

Caranya mudah saja. Ambul 25 lembar daun ke[n]tutan lalu rebus sampai daun menjadi lembut, lalu jadikan lalapan. Agar dalam menghidang bisa puas, tambahkan sambal kesukaan kamu, sifat sambal juga bisa menghangatkan tubuh agar tubuh lebih cepat berkeringat.

#13 Menkongsumsi Ramuan Madu Dicampur Buah Lemon

Madu seperti kita kenal "kaya akan manfaatnya", kandungan didalamnya komplek akan nutrisinya dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan instan, seperti yang awalnya tubuh lemas berat bisa segar seketika dalam hitungan jam saja. Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi sebagai meningkatkan kekebalan tubuh.

Kedua bahan alam ini bisa dijadikan obat masuk angin yang efektif. Cara meramunya mudah dan sederhana, siapkan madu dua sendok makan dan perasan air lemon sebanyak 2 sendok makan juga, seduh didalam gelas beris air hangat, minumlah dipagi, siang, dan sore hari sedara rutin dan teratur.

#14 Menkonsumsi Rebusan Air Daun Rimpang DIcampur Minyak kayu Putih

Buatlah ramuan teh dengan daun rimpang. Caranya dengan merebusnya. Untuk ukurannya 4 lembar daun rimpang, 2 atau 3 tetes minyak kayu putih (bisa didapat ditoko apotek), lalu rebus menggunakan air bersih sebayak secangkir ukuran sedang. Rebus ketiga ramuan ini sampai arinya bersisa setengah gelas, angkat dan saring, minumlah dikala hangat kuku.

Daun rimpang ini dipercaya efektif menyembuhkan masuk angin dan sudah menjadi obat alami yang populer dikalangan masyarakat khususnya Indonesia. Jika kamu belum familiar dengan ciri-ciri daun ini bisa mencari referensi lainnya diinternet.

#15 Mengolesi Minyak Angin Keseluruh Tubuh

Perlakuan tradisional ini sudah diketahu oleh semua orang, karena sifat minyak angin ini memang dikhususkan untuk meredakan sakit masuk angin sekaligus gejala perut kembung. Ada banyak jenis minyak angin dipasaran saat ini, yang semua produk itu memiliki sifat penghangat, tingkatan kadar hangat pun berbeda-beda, sampai pada tingkat yang ekstrim ada pada produk balsem.

Cara mengaplikasikan minyak angin ini mudah saja, oleskan keseluruh tubuh dan diamkan beberapa saat sampai sifat hangat bisa dirasakan, lalu isirahatlah, maka minyak angin ini akan bekerja mengeluarkan angin didalam tubuh agar keluar melalui ke[n]tut, sendawa mapun melalui pori-pori kulit.

Demikianlah beberapa ulasan tentang obat alami menyembuhkan rasa mual, masuk angin dan perut kembung. Mungkin saja cara-cara diatas belum lengkap atau ada cara pengobatan alami yang paling terkini saat ini, kamu bisa mencari referensi obat lainnya pada teman-teman kamu yang pernah mengalami masalah sakit ini.

Semoga bermanfaat..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui