Karena Masuk Angin, Apakah Mantan Penderita Asam Lambung Bisa Kambuh Lagi?

Apa Benar Udara Dingin Pemicu Asam Lambung Naik? - Disini ada cerita dari pengalaman pasien asam lambung akibat masuk angin, bisa disimak dengan seksama..

begini..

Penyakit asam lambung itu tidak akan pernah sembuh setelah berobat ini itu jika selalu keseringan mendinginkan badan atau sampai masuk angin.

Ada banyak sih yang harus dijaga selamanya (seumur hidup) bagi alumus AsLam..

Namun, yang harus diseriusi dalam fakta kehidupan jaman ini adalah pola hidup manja dan ketergantungan pada teknologi saat ini, seperti AC.

Mesin Ac hal yang sulit dihilangkan, apalagi bekerja diperkantoran yang penuh dengan AC, disana banyak rekan kerja dan harus menghargainya, tidak langsung mematikan Ac begitu saja.

Selain itu, kondisi iklim di Indonesia adalah iklim tropis yang kadang juga mengalami cuaca dingin, ini pemicu masuk angin. Jika tubuh tidak bisa dijaga kehangatannya dapat menimbulkan masuk angin, dan fakta bahwa terjadinya masuk angin pada mantan penderita asam lambung bisa kambuh lagi sewaktu-waktu.

Pola hidup manja yang harus dijauhi oleh mantan penderita asam lambung, sbb.:
  1. Sholat hidupkan AC
  2. Nonton Tv hidupkan AC
  3. Istirahat di ruang kamar hidupkan AC
  4. Di kantor hidupkan AC
  5. Di mobil hidupkan AC
  6. Naik kerta Api ada AC
  7. Naik pesawat ada AC
  8. Semuanya serba ber AC
Lalu apakah semuanya harus dihindari bagi mantan penderita asam lambung?

Bisa tidak, bisa Iya..

Bagi orang yang tubuhnya anti masuk angin, maka ini tidak masalah.

Tetapi..

Karena ada orang yang tingkat sensitif masuk anginnya lebih tajam, maka jauhilah benar-benar Ac itu atau paling tidak kamu bisa melawannya agar tubuh tetap hangat.

Gejala asam lambung tiba bisa ditandai sering sendawa atau ken[t}ut berkali-kali disetiap saat dan terjadi tidak seperti biasanya orang normal. Seperti halnya kamu sedang masuk angin, yang ditandai dengan psesak dan panas di dada, punggung, dan seluruh badan, namun biasanya jika orang lain menyentuh tubuh kita justru terasa dingin sekali.

Bila aktifitas keseharian kamu tidak bisa lepas dari udara dingin seperti bekerja dikantor, maka kamu bisa melakukan tips berikut ini:

Pertama berdiri lah dengan kaki dan tubuh tegap. Tekuk lutut kamu sedikit saja dengan badan tetap tegap, tarik nafas sekali sampai habis. Semua tubuh ditegangkan kecuali leher dan kepala. Tekan perut dengan telapak tangan kearah bawah dimulai dari sekitar atas lambung dan usus agar terjepit. Lakukan naik turun (ayun) telapak tangan sebanyak 100 kali. Pastikan sampai kamu sendawa berkali-kali.

Untuk tahap pembelajaran alias pemula, lakukan setiap 6 jam sekali, kamu bisa menambah ayunan tangan lebih dari 100 kali.

Intinya dengan melakukan gerakan ini supaya terjadi sendawa. Mungkin ada referensi cara lain disilahkan menggunakan cara lain tersebut.

Gerakan ini dilakukan agar terjadi peristaltik atau perasan usus yang cepat sehingga akan menghilangkan total produksi gas pada lambung dan usus.

Gas hasil produksi lambung dan usus yang tidak dikendalikan akan menyebabkan masuk angin yang ditandai dengan sensasi perih, panas, oyong dan lain-lain.

Ada juga masuk angin yang rasanya dada nyeri, kepala pusing luar biasa dan badan panas.

Apapun keluhan sebab masuk angin bisa diatasi dengan sendawa dan buang angin ken[t]ut.

#Kesimpulan

Bisa saya simpulkan bahwa sakit asam lambung ini tidak akan pernah sembuh jika si penderita suka ruangan ber AC atau udara dingin. Bahkan obat-oabatan apapun akan sia-sia jika si penderita tidak bisa menjaga pola hidup sehatnya.

Yang paling utama bagi penderita asam lambung, harus bisa menghindari:
  1. Udara dingin
  2. Pencernaan usu lambat, terjadi fermentasi lenih lama, ini pemicu gas pada lambung dan usus.
  3. Pikiran error: dendam, iri, sulit memaafkan, keras kepala.
Jika keadaan udara sekitar dimusim iklim dingin seringlah mengisi perut dengan yang hangat, minimal air hangat. Jika timbul gejala masuk angin usahakan untuk sendawa agar gas didalam lambung dan ussu bisa kebuang segera.

Semoga bermanfaat..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui