Pengalaman 4thn Sakit Gerd/Asam Lambung Parah Sampai Sembuh

Ini dari pengalaman an. (maaf gak menyebut namanya). Mulai sakit asam lambung dan sembuhnya setelah 4 tahun kemudian. Awal mula masuk opname karena sakit parah banget selama 10 hari, pulang rumah dan kambuh lagi, opname lagi selama 7 hari..

Penyebabnya hobi minum air kopi dan perokok berat, sehari mampu 2 bungkus rokok dan 5 cangkir kopi, gejala mulai muncul nafas menjadi pendek dan sering bersuara ngik-ngik atau bengek.

Betah banget tidak makan jika sudah tersedia 2 bungkus rokok dan minum kopi sampai seharian mampu tidak makan, alhasil muncul penyakit yang didiagnosa dokter sebagai asam lambung.

Langsung sekita berhenti merokok dan ngopi, disetiap pagi hari setelah sholat subuh olahraga ringan jalan-jalan sampai waktu setengah 6 pagi dan siap ngantor.

Stop dan bebas dari rokok dan kopi itu adalah pengalaman yang paling berat dirasakannya, banyak tips di internet cara cepat berhenti merokok tapi kenyataannya lebih berat tidak hanya sekedar tulisan itu.

Kalau hidupnya mapan dan manja mungkin lah bisa menerapkan tips diinternet itu, karena banyak tanggungjawab sebagai laki-laki hidup seseorang tidaklah sama dihari-harinya.

Disetiap pagi minum jus jeruk nipis dicampur madu setiap pagi, pdahal asam lambung, asalkan tidak berlebihan masamnyaa tidak masalah, yang membuat parah aslam kan karena serba kelebihan.

Ramuan itu bukan sebagai pengganti rokok, karena ramuan itu langsung bisa berhenti roko, itu tidak.. hanya sebagai membantu untuk tidak merokok pasalnya dengan minum ramuan itu menjadikan rasa rokok tidak enek, paling tidak tips ini bisa menguranginya.

Memang hidup mulai agak teratur. Sampai-sampai teman sekantor bilang kok hidup mu menjadi diatur gitu seperti tidak bisa menikmati hidup. Cuek saja lah.. daripada umur tua nanti diatur oleh dokter.. lebih baik sadar diri mengatur pola hidup sehat.

Karena sadar bahwa sakit asam labung tiu perlu perhatian khusus.

Bagi siapapun pembaca ini yang mengalami hal yang sama, atur hidup kita lebih baik dengan pola hidup sehat dan pola makan sehat.

Disetiap pagi hari ditahun-tahun pertama melakukan lari pagi, jika tidak mampu bisa jalan-jalan dulu sampai mampu lari-lari kecil, nanti akan terbiasa dan enjoy saja untuk lari-lari orang normal.

Jangan memaksa jika belum mampu untuk olahraga lari yang nantinya akan hanya membuat badan capek dan tidak bisa fokus bekerja ngantor.

Jika jadwal padat, bisa mengatur olahraga per minggunya, tidak harus setiap pagi, tapi jadwalkan secara rutin dan teratur agar badan semakin kuat dan tidak kaku.

Untuk tahap pertama bisa olahraga berenang, ini adalah olahraga yang paling baik agar tidak kram, lalu coba untuk lari-lari pagi.

Pengalaman waktu pertama kali asam lambung, dokter memberi saran untuk minum susu segar murni dan madu, dan tetap makan. Katanya sebagai perbaikan sistem pencernaan lambung dan usus, bahasa medis maintenance lambung. Madu untuk melapisi luka dalam sedangkan susu untuk perbaikan organ tubuh. Asalkan tidak minum berlebih..

Tapi malah setelah minum susu justru perut kembung mbededek. Akhirnya karena tidak cocok, bergantilah ke susu beruang, beli ditoko indo/alfamart.

Minum sehari sekali saja, menjelang akan tidur, kalau ingin minum dua kali bisa setelah sarapan disekitar jam 10 pagi dan malam hari menjelang tidur setelah makan.

Sekarang alhamdulilah sembuh dan segar.

Di tahun 2018
  1. Badan menjadi lebih segar, fikiran juga fresh
  2. Sekarang mampu lari pagi 2,4 km selama 12 menitan
  3. Badan jadi ideal dengan tinggi badan 171cm dan berat badan 66kg
  4. Jarang sakit
Setiap hari senin dan kamis melakukan puasa, tidak lagi minum air kopi dan tidur awal waktu, tidak lagi begadang. Begadang itu hanya membuat badan lemss dipagi nya dan kepala nggeloyoran..

Jika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sebaiknya awal tidur dan bangun pagi hari di jam 3 untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa. Ini lebih baik daripada harus menyelesaikannya sampai larut malam di jam 11 malam atau lebih.

Selain tidak begadang, rajin olahraga sore diatas jam 14:00, tidak perlu berjam-jam, cukup 10-12 menit saja, syukur-syukur bisa sampai 30 menit. Ini untuk maintenance fisik.

Sering dan perbanyak sedekah untuk menghilangkan mara bahaya, karena sudah tentu semua pada yakin akan hal ini, termasuk non-muslim sekalipun.

Panjatkan selalu do'a untuk NYA. Karena do'a dan usaha menurut saya perbandingannya 99%:1, do'a 99 dan usaha kita adalah 1. Do'a tanpa usaha tidak akan sempurna, dan usaha saja tanpa do'a juga akan tidak berkah. Jadi keduanya saling beriringan.

Dan yang paling penting jangn mudah mengeluh, sedikit-sedikit mengeluh. Orang lain tidak selalu memperhatikan kita justru yang ada menakut-nakuti, justru menjadi pemicu pikiran stres.

Semoga artikel ini ada hikmahnya..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui