Cara yang Benar Supaya Kuat Berpuasa #Senin Kamis, Ramadhan, Nabi Daud

Bagi seorang muslim seperti saya dan kamu..tentu sudah menjadi kewajiban setiap tahun 1x untuk beribadah berpuasa dibulan ramadhan, ada lagi puasa tambahan (sunnah) disetiap hari senin dan kamis maupun puasa sehari dan tidak puasa sehari (dikenal dengan puasa nabi Daud A.S) yang seharian tanpa makan, minum, dan sekaligus puasa berbuat keje[l]ekkan, pasalnya jika berbuat keje[l]ekkan maka dilipatgandakan d[o]sanya loh, begitupun dengan perbuatan baik, keduanya dilipatgandakan oleh Sang Pencipta.

Sehingga kita dalam bulan ramadhan menginginkan ibadah puasanya bisa berjalan mulus tanpa halangan satu pun agar pahalanya sempurna, kecuali para mbak-mbak atau ibu-ibu yang setiap bulan mengalami ha[i]d -^^-

Lalu bagaimana agar tubuh seseorang selalu kuat dan bugar selama berpuasa seharian?

Cara yang Benar Supaya Kuat Berpuasa

Tentu ada ilmunya. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan yang baik, jika mengikuti ilmu kedokteran maka harus makan makanan yang berserat, minuman bersusu, makan buah-bahan berserat dan lain sebagainya, rumit bahkan sangat rumit untuk dirutinkan (menurut saya sih -^^-).

Lalu bagaimana caranya? jika seperti saya ini apapun boleh dimakan yang penting halal dan kalau memperhatikan jenis makanan dan buah-buahan seperti anjuran dokter diatas tentu merumitkan bukan! bagi saya pokoknya yang ada dirumah dimakan saja yang penting tidak basi..

Terkadang yang sering dijumpai dirumah saya semua jenis bahan makanan dan minuman banyak mengandung yang minim serat bahkan tidak berserat sama sekali, alias

Lalu.. Apakah nanti saya akan pingsan ditengah jalan ibadah puasanya ?? -^^-

Tentu tidak, buktinya saya jalani setiap tahunnya tidak pernah pingsan 1x pun meskipun digunakan untuk aktifitas berat seperti bekerja seharian, mencangkul ladang dan lain sebagainya, BANYAK aktifitasnya..

Memang saran dokter begitu.. saat menjalani puasa harus mengkonsumsi asupan yang kompleks agar tubuh selalu segar, dengan begitu kesegaran tubuh akan lebih stabil daripada yang hanya makan dan minum apa adanya seperti saya.. makanan dan minuman yang saya konsumsi ini jangan ditiru ya -^^-

Lalu apa saja sih makanan dan minuman rekomendasi dari para medis yang harus dikonsumsi setiap hari diwaktu berbuka maupun sahurnya itu?

Ada banyak, mari kita bahas bersama-sama.

#1 Cukup dengan Mengkonsumsi Telur dan Susu Saja

Ini fakta pengalaman adik saya, bukan dari referensi internet manapun. Waktu itu pernah dia bilang ke saya kalau makan telur ayam rebus dan minum susu kaleng lebih menyegarkan tubuh selama puasa ramadhan.

Memang secara kesehatan.. telur dan susu kaya akan gizi dan proteinnya. Hanya saja jika tidak dilengkapi dengan nasi kadang sebagian orang tidak merasa puas tetapi sebenarnya keduanya sudah mencukupi sebagai suplemen tubuh, hanya saja jika badan gemuk bisa 2 telur dan segelas besar isi seduhan susu kaleng.

Susu kaleng indomilk atau cap enak juga bisa, bebas lah sesuai selera.. yang harga mahal juga lebih bagus.

#2 Segelas Teh Manis dan Nasi (Lauk Bebas)

Seperti yang dijelaskan banyak ulasan dari para pakar kesehatan dan ahli diet, bahwa teh bisa membuat perut merasa nyaman seharian meski jarang ngemil, artinya rasa pada teh ternyata bisa menahan lapar.

Saat makan nasi dengan lauk jenis apapun bisa dilengkapi dengan air teh hangat agar perut bisa menahan rasa lapar seharian.

Nah, cara ini yang sering saya terapkan, kenapa? sebabnya lauk pauk dirumah tidak tentu tersedia, semua yang ada ya itu yang dimakan hanya saja selalu menyiapkan sajian minum teh hangat manis.

Tubuh butuh asupan manis sebagai energi, dan teh nya sebagai obat kuat lapar.

Tips ini cara saya menjalani puasa, kamu juga boleh lebih dari sempurna, karena ada loh harga teh yang mahal banget sampai ratusan ribu rupiah sekali seduh _^^_

#3 Menu Sahur Agar Kuat Puasa, APA ya ??

Sebenarnya pertanyaan diatas biasanya terjadi pada mereka yang belum terbiasa menjalani puasa, sehingga sahur dipertimbangkan dulu harus makan ini dan itu.. padahal kalau menurut pribadi saya apapun menunya yang penting kemasukkan nasi dan lauk seadanya juga mampu untuk suplemen seharian.. Kecuali kalau bagi pekerja berat, tenntu makan nasi dan lauk apa adanya tidak akan mencukupi kerja seharian.

Dengan nasi dan lauk apa adanya paling kuat untuk kerja 3 jam, sisanya untuk bersantai sambil menunggu jam 6 petang, ini hanya pengalaman saya saja, mungkin kamu bisa betah sampai 4-5 jam atau malah gak kuat sampai 1 jam.. _^^_

Saat sahur jangan lupakan air teh hangat manis.. entah apa khasiatnya didalamnya sana yang saya alami tubuh saya ini bisa bertahan sampai berbuka meski sudah digunakan untuk bekerja bertani: mencangkul, cabut rumput, panen sawi, angkat panenan, dll..

Agar seharian muka tidak kelihatan pucat dan agar wajah tampak segar bugar, perbanyaklah makan sayur daun seperti: daun pepaya, sawi, cangkok manis, bayam, kangkung dll.

Sebagai selingan setelah hari ini sahur dengan bayam maka besoknya bisa dengan sawi dan seterusnya gar tubuh tidak kelebihan efek buruk didalam sayur itu.

Contoh jika kamu sering makan kangkung dan dilakukan setiap hari, maka mudah ngantuk, karena disana banyak zat besi yang memicu efek kantuk.

Sebenarnya da banya referensi yang lebih lengkap selain artikel ini, hanya saja (jujur..) terlalu ribet menerapkannya.. Kalau tips diatas memang bersandarkan dari sumber pribadi yang murni pernah dialami.

Sekarang tinggal pihak kamu nya, kalau kesusahan mencari sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan yang berserat maka bisa menerapkan cara hemat dari saya diatas.

Sebenarnya kamu saat sahur makan apa saja sih kok sampai tidak mampu berpuasa??
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Komentar Aneka Ragam Sehat
1. Berkomentar Sesuai Tema
2. Disetujui