Cara Membuat si Bayi Tidur Pulas Disepanjang Malam

Agar Bayi Tidur Pulas - Bayi yang baru lahir terkadang sangat melelahkan sekali bagi ibu, tersibukkan untuk menenangkan bayi dari rewelnya, bayi rewel ada beberapa hal yang perlu diketahui, dan ibulah yang persis mengetahui penyebabnya. Secara alamiah, bayi yang baru lahir memang kondisinya sering menangis ketimbang diam, begitupun saat malam hari bayi sering rewel. Setelah usia bayi mencapai 3 bulan, maka secara alamiah kondisi bayi lebih nyenyak saat tidur, mereka lebih merasakan nyaman dan nyenyak disepanjang malam. Meskipun begitu, masih ada bayi yang suka rewel karena ketidakperhatian ibu, bukan salahnya bayi tapi si ibu. Untungnya ada beberapa tips yang bisa membantu ibu agar bayinya tetap nyaman tidur disepanjang malam.



#1 Saat Bayi Menangis dengan Nada Tinggi dan Lama


Bayi mempunyai kondisi yang berbeda-beda, ada bayi yang rewel dengan nada tinggi dan lama dimalam hari. Jika kondisinya begini maka kenali gejala kolik, bisa jadi ia sedang mengalami penyakit itu. Gejala ini sering terjadi pada bayi yang baru lahir sampai usia 3 bulan, penyakit ini disebabkan adanya pengembangan usus, alergi makanan, atau kenaikan asam lambung. Mkaanya tidak heran setelah usia dewasa banyak yang didiagnosa sakit mah akut atau asam lambung.

Konon, untuk mencegah penyakit kolik pada bayi baru lahir dengan memberikan air dan sisi kelapa muda tujuannya untuk menetralisir dan membuang penyakit didalam perut bayi, perlakuan ini disebagian daerah menjadi keharusan dan sudah membudaya, jika ada ibu yang baru lahir maka bayinya harus segera diberi air dan isi kelapa muda.

Namun, jika bayi anda sudah terlanjur terkena penyakit kolik maka untuk membantu meredakan sakit dan rewelnya saat tidur dengan memposisikan tubuhnya yang pas, yaitu memposisikan bayi sehingga perutnya bersandar di lengan bawah Anda dan kepalanya di telapak tangan Anda.

Bantu juga dengan cara memijat punggung bayi sampai gas perut bisa keluar yang ditandai dengan kentut, jika perut bayi masih sakit maka bayi tentu akan terus rewel. bisa juga anda menggoyang bayi dengan gerakan yang stabil dan perlahan, atau bisa menggunakan mobil agar bayi segera relak dan nyaman.

#2 Rewel Karena Masa Pertumbuhan Gigi #Sakit Gusi

Untuk meredakan sakit gusi bayi karena proses pertumbuhan gigi dengan cara mengkompres dengan air dingin, caranya ambil empeng atau dot karet disimpan kedalam kulkas sampai 45-60 menit saja, tidak terlalu dingin. Setelah itu masukkan ke mulut bayi, rasa dingin mampu meredakan sakit gisi pada bayi. Perhtikan perkembangannya, apakah bayi masih rewel ataukah tidak, anda juga bisa membantu menenangkan bayi lebih cepat dengan menimang-nimang bayi sambil bernyanyi agar rasa sakit gusi teralihkan.

Pada kondisi sakit gusi bayi yang parah, sebaiknya minta resep dai dkter gigi, mintalah obat gusi bayi bebas dari zat benzocaine, zat ini berbahaya bagi gusi bayi selama pertumbuhan giginya. Untuk bayi yang mempunyai usia dibawah 3 bulan biasanya nama obatnya Asetaminofen, sedangkan untuk bayi diatas 3 bulan nama obatnya ibuprofen, perbedaan kedua obat itu pada dosisnya, dan keduanya bebas dari zat benzocaine. Cara pemakaian obat ini dengan dioleskan ke gusi yang sakit atau bengkak.

#3 Hindari Memberikan Selimut Berlebihan Selama Tidur

Jika bayi gerah juga dapat membuat ia rewel dan menangis kuat, suhu yang pas untuk menyenyakkan bayi tidur kisaran 20ºC-22ºC. Jika kondisi alam panas seperti doperkotaan yang padat penduduk maka belilah ac atau kipas angin, dan lengkapi ruangan dengan alat pengukur suhu ruangan di toko Apotik terdekat, agar anda bis mengontrol suhu kamar agar tidak terlalu gerah.

Begitupun suhu ruangan tidak juga terlalu dingin dibawah 20ºC, maka abyi juga akan rewel dan ibu akan disibukkan menenagkannya sepanjang malam.

Begitu rumit bukan! meskipun begitu anda sebagai orang tuanya harus sabar, tabah, dan menyayanginya sepenuh hati.

#4 Menenangkan Bayi Rewel Dengan Menyusui Bayi

Ini merupakan senjata ibu, menenagkan bayi rewel dimalam hari dengan menyusuinya, terkadang manjur dan juga terkadang tidak. Bayi yang cepat tenang dengan disusui bertada memang bayi lapar, namun jika tetap rewel terus bisa jadi ada permasalahan lainnya, seperti yang saya jelaskan diatas, baik karena penyakit kolik maupun sakit gusinya.

Agar bayi tidur pulas disepanjang malam, coba berikan empeng pada mulutnya, empeng akan terlepas sendiri jika bayi benar-benar lelap tidur.

#5 Bedung Tubuh Bayi dengan Kain Elastis dan Lembut

Bedung atau membalut tubuh bayi mulai dari dada hingga ujung kaki adalah budaya dunia. Konon, agar tubuh bayi menjadi bagus saat dewasanya, namun secara medis cara kebiasaan tersebut bisa membuat napas bayi terganggu sehingga dapat menimbulkan kematian mendadak. Untuk itu disarankan saat membedung bayi tidak terlalu kencang dan menggunakan kain yang lembut dan elastis.

Bayi yang dibendung akan memberikan kenyamanan tersendiri seperti ia merasakannya selama didalam rahim ibu. Selain itu juga, bendung dapat mengurangi gerakan bayi, seperti mencegar tangannya mencakar-cakar wajah, mencegah tengkurap yang akan berakibat SIDS (sindrom kematian bayi mendadak) karena tidak bisa bernapas.

#6 Ciptakan Suara Stabil yang Nyaman Seperti White Noise

Tidurnya bayi setelah lahir biasanya lebih sulit dan gampang rewel, karena suasananya berbeda dan lebih bising. INi bisa jadi karena sudah terbiasa tidur dialam rahim yang penuh kedamaian dan ketenagan.

karena itu, anda bisa membeli atau mendownload diinternet suara white noise, suara ini seperti suara didalam rahim, sehingga bayi akan merasakan kenyamanan seperti saat didalam rahim ibu.

Jangan membiarkan bayi berhenti menangis dengan sendirinya, ini tidak direkomendasikan, memang ada bayi menangis dan berhenti dengan sendirinya, bayi berhenti menangis ini karena ia kecapean saking lama menangisnya. Secara medis perlakuan ini pada bayi akan membahayakan fisik dan psikologis bayi.

#7 Tidurkan Bayi Selama Beberapa Jam Disiang Harinya

Agar tidur bayi diwaktu malamnya pulas sepanjang malam, maka tidurkan bayi disiangnya. Memang bayi membutuhkan sekali istirahat disiang hari, beri istirahat yng cukup agar dimalam harinya tidak rewel, dan juga jangan terlalu banyak jadwal tidur siangnya yang akan membuat bayi tidak bisa tidur dimalam harinya.

Waktu yang pas untuk mengistirahatkan bayi di siang hari bervariasi. Seperti untuk bayi baru saja lahir membutuhkan waktu tidur lebih banyak sekitar 16 jam seharinya, biasanya 3-4 jam sekali tidurnya. Untuk usia 4-7 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur 14 jam, dua kali tidur siang dan 8 jam tidur malam. Sedangkan usia 8-12 bulan waktu tidur lebih sedikit, seperti tidur siang singkat antara 20-60 menit, dan malam hari 7-8 jam.

Dari sekian banyak tips yang saya berikan diatas bisa anda bagikan ke rekan ibu lainnya untuk mengatasi bayi rewel disepanjang malam hari. Dari artikel cara membuat si bayi tidur pulas disepanjang malam ini jika ada kritikan dan masukkan bisa berkomentar dibah ini. Semoga membantu..
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini.
Tuliskan komentar Kamu menggunakan bahasa yang sekiranya mudah difahami.
Tidak memakai singkatan maupun bahasa lokal.
Trims_