Cara Mengembangkan Otak Bayi Melebihi Teman Sebayanya

Cara merangsang dan mengisi otak bayi yang benar dapat menghasilkan mental yang hebat dan cerdas mengalahkan teman sebanyanya. Lalu bagaimana caranya?? yakni dengan merangsang perkembangan otak bayi mulai sedini mungkin. Maukilah otak mereka dengan hal yang bermanfaat, pasalnya bayi merupakan mahluk pembelajaran yang paling sempurna dialam semesta ini. Untuk itu manfaatkanlah waktu-waktu perkembangan bayi hingga usia 5 tahun.

Ada poin-poin penting yang patut kamu coba untuk merangsang perkembangan otak si bayi, dan lihat hasilnya sendri nant, sebagai orang tua akan sengan sekali melihat anaknya cerdas mengalahkan teman sebayanya. Berikut poin2 yang harus kamu perhatikan.



#1 Bayi Itu Menggemaskan, dan Ia Mahluk Pembelajaran yang Paling Sempurna


Pemikiran ibu yang harus difahami adalah bayi adalah masa yang paling tepat menerima pembelajaran dan memang diciptakan secara ilmiah sebagai pembelajaran, mudah sekali menerima rangsangan dan pembelajaran selama ia melihat, mendengar, dan merasakan sentuhan.

Saat bayi anda diserbu ciuman oleh kakek, nenek, dan sipapun itu, biarkan bayi anda merangsangnya, bayi sudah mampu merasakan kasih sayang dari mereka. Lihat gerakan bayi, ia akan diam dan merasakan kasih sayang mereka saat diserbu banyak ciuman manja.

#2 Merawat Bayi Baik-Baik agar Bertumbuh Optimal

Merawat bayi yang baik seperti memberikan asupan gizi yang cukup dan berikan selalu saat perut bayi kosong atau lapar, berikan popok yang kering dan bersih sehingga ia merasakan kenyamanan, dan berikan juga tempat yang nyaman dan kasih sayang ibu.

#3 Ajaklah Bayi Mengobrol Meski Ia Hanya Melihat dan Mendengar

Sebagai ibu, ajaklah selalu bayi anda  mengobrol agar bayi bayi meresponnya meski ia diam danhanya mendengar, ibu yang sering mengajak ia mengobrol sejatinya ia bisa merasakan perhatian kepadanya, inilah hebatnya seorang bayi, karena memang merupakan mahluk pembelajaran yang alami diberikan langsung olehNYA.

Saat waktu yang tepat mengajak ngobrol dengan baui, seperti saat ia mandi, makan, main, dan menjelang tidur. Saat mau tidurpu terkadang bayi lebih cepat pulas jika diawali obrolan, nyanyian dan timang-timang dari ibunya.

#4 Bermainlah Bersama Bayi, dan Ucapkan "Cilukba"

Bernyanyi "cilukba" sambil menggendong dan menari sudah menjadi cara bermain bersama bayi yang sudah mendunia. Agar dapat menjalin keakraban antara anda dan bayi maka ajaklah bayi bermain "cilukba" sambil mencium perut bayi agar tertawa girang, menggelindingkan bola maju dan mundur, dan cara bermain yang menurut ibu bermanfaat dan tidak membahayakan bayi.

#5 Ajaklah Bayi Berjalan-Jalan Ketempat yang Belum Pernah Ia Lihat


Bayi akan girang dan senang jika melihat hal yang baru, seperti tempat-tempat yang indah dan belum ia lihat sebelumnya, otak bayi akan dapat terangsang hal yang baru. Bawalah sesekali bayi ketempat toko roti, taman, bank dan tempat lain yang sekiranya ada pengamanan yang ketat.

Biasanya bayi yang tidak pernah diajak keluar melihat hal yang baru maka ia akan sibuk dengan kerewelannya, karena tidak hanya orang dewasa yang butuh kenyamanan, bayi pun bisa merasakan jenuh disatu ruangan saja.

#6 Memijat-mijat Bayi dan Peregangan Otot

Jika diusia dewasa ada senam yoga, namun diusia bayi cukup dengan memijat-mijat tubuh menggunakan minyak bayi dan menggerakkannya agar terjadi peregangan otot, bayi pun akan selesa merasakan tubuhnya yang segar dan bugar. Bayi yang rewel cenderung badannya pegal-pegal. Waktu yang tepat saat memijat-mijat bayi dipagi hari setelah ia dimandikan. Beri jadwal memijat setiap seminggu sekali atau setiap ia terlihat lelah.

Bayi yang rutin dipijat akan merangsang sistem tubuh bayi. gerak-gerakkan anggota tubuh bayi setelah selesai pemijatan seperti bertepuk-tepuk tangan, berayun maju-mundur, merentangkan lengan, dan gerakan-gerakan lainnya yang sekiranya tidak membahayakan si bayi.

#7 Beri Mainan dan Tempat Khusus Selama Bermain

Saat bayi bermain, utuh keamanan yang ketat, untuk itu buatlah tempat khusus selama bayi bermain, dengan begitu bayi tetap terkontrol keamanannya, seperti ada tempat mainan yang alasnya terbuat dari bahan lembut, empuk dan nyaman, dan terdapat pembatas keliling, sehingga bayi tidak bisa keluar dari pembatas itu.

Bentuk permainan yang dapat merangsang perkembangan otak bayi seperti mainan yang digantung, bola-bola kecil terbuat dari bahan lembut dan lentur sehingga bayi bisa belajar menggenggam, meremas dan menyentuhnya. Hindari pemberian mainan yang berbahaya seperti permainan dari bahan padat, keras dan tajam.

#8 Amati Selalu Hal Menyenangkan Bayi

Bayi terkadang kagum pada yang ia lihat seperti mobil yang masuk rumah terlihat semakin besar, takjub dengan cermin, sengan melihat mesin cuci yang sedang memutar, dan hal-hal menyenangkannya bagi bayi. Hal baru itu bisa dijadikan alat penenang bayi saat ia sedang rewel.

#9 Jangan Pernah Membohongi Bayi

Ini yang terkadang dilakukan oleh pengasuh bayi, karena bayi rewel lalu melakukan pengalihan bayi agar cepat berhenti rewel meskipun pengalihan itu bohongan, ini akan terekam oleh otak bayi. Bayi yang sering dibohongi akan menjadi karakter setelah ia beranjak dewasa.

#10 Beri Permainan yang Edukatif dan Tidak Berbahaya

Permainan-permainan yang edukatif untuk bayi tentunya sudah banyak. Anda bisa ke toko permainan untuk anak-anak, disana akan banyak permainan, pilihlah permainan yang menurut anda bermanfaat bagi bayi dan aman.

Permainan yang tepat untuk bayi seperti bola-bola kecil terbuat dari bahan lembut dan lentur, boneka-boneka kecil yang menarik yang mempunyai warna mencolok, dsb. bayi sangat menyukai warna-warna yang mencolok, seperti hijau, merah, pink, dan kuning.

#11 Ketahui Waktu Bayi Istirahat dari bermain


Bayi selama bermain terkadang rewel, itu petanda bayi sudah bosan, maka berhentlah bermain-main bersamanya, beri makanan dan minuman yang ia sukai, perlakuan ini akan dapat membantu bayi berhenti dari rewel.

Rangsangan yang over akan membuat bayi melelahkan dan akan mempengarui hasil pembelajaran. Memberikan rangsangan yang pas untuk bayi tidak perlu berjam-jam, berhentilah bermain sebelum bayi rewel, ini akan membuat bayi penasaran terus unukt bermain hal yang baru ia kerjakan, sehingga rangsangan bisa lebih optimal.

Tips-tips bisa anda coba pada perkembangan otak bayi anda, mungkin ada banyak referensi selain dari artikel ini, bisa kamu baca sendirilah. Artikel ini saya rangkum dari website bereputasi bagus, dan bisa kamu buktikan hasilnya. Semoga bermanfaat.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini.
Tuliskan komentar Kamu menggunakan bahasa yang sekiranya mudah difahami.
Tidak memakai singkatan maupun bahasa lokal.
Trims_