Manfaat Hebat Membesarkan Bayi dengan Asupan Vegetarian Saja #Tanpa Daging

Asupan gizi bayi khusus vegetarian untuk bayi menurut para ahli dapat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang dan mengurangi resiko penyakit pada anak dimasa datang. Saat ini, dijaman serba banyak makanan siap saji bayi yang mudah didapat diberbagai toko, banyak orang tua memutuskan untuk memberi makan kepada bayinya secara alami seperti hanya dari jenis vegetarian saja, artinya tidak akan pernah memberikan makanan pada anak berupa daging. Namun perlu diketahui pula oleh orang tua bayi untuk memberikan gizi yang cukup pada anaknya, pasalnya tidak sembarang jenis sayur-mayur dan buah-buahan yang memenuhi gizi kompleks, untuk itu sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya atau dokter spesialis bayi.


Dalam program memberi asupan vegetarian pada bayi tetap harus memberikan asupan ASI, hanya saja selain asi tanpa memberikan makanan jenis daging sedikitpun namun tetap memenuhi jumlah gizi yang sempurna disetiap harinya.

Pada prinsipnya memberi asupan vegetarian pada bayi harus memperhatikan jumlah kandungan gizi didalam sayur-mayur itu agar kebutuhan gizi pada bayi terpenuhi dengan sempurna.

Ada beberapa syarat program asupan vegetarian pada bayi anda, perhatikan beberapa point penting dibawah ini.

#1 Hindari Program Ini Pada Bayi yang Mempunyai Masalah Kesehatan Sejak Lahir


Program bayi vegetarian tidak berlaku untuk kesehatan bayi yang bermasalah sejak ia lahir, untuk itu konsultasikan dengan dokter anak agar dapat memutuskan bahwa anak anda siap untuk pogram anak vegetarian, jika ada penyakit maka dokter akan merekomendasikan untuk membatalkan niat anda pada program bayi vegetarian. Jadi lebih baik untuk tidak menjalankan program tersebut demi masa depan anak anda.

Inilah sisi negatif program bayi vegetarian, tidak bisa dilaksanakan jika kesehatan tubuh bayi bermasalah. Namun, disisi lain ada kelebihannya, jika program ini bisa terapkan pada bayi (kesehatan bayi normal) maka masa depan kesehatan bayi akan lebih optimal dan mampu mengurangi resiko penyakit yang muncul dimasa mendatang, bayi lebih sehat dan kebal pada berbagai jenis penyakit apapun.

#2 Carilah Bimbingan Ahli Gizi atau Ahli Diet Resmi

Selama program ini dijalankan sewaktu-waktu ada kendala kekurangan gizi yang terlihat dari fisik bayi yang tidak normal maka sebaiknya orang tua bayi harus minta bimbingan dari pakar gizi atau pakar diet untuk mencari tahu jenis makanan dan buah-buahan yang bisa memenuhi gizi yang cukup.

Seperti contoh, bayi harus banyak makan pisang sebagai pemenuh kalium, namun tidak semuanya bayi suka pisang, jadi bicaralah ke ahli gizi agar dapat menemukan jenis makanan atau buah-buahan lain selain pisang yang mempunyai kandungan kalium tinggi.

#3 Temui Dokter Untuk Mengecek Darah Anak Agar Dapat Diketahui Jumlah Gizi didalam Tubuhnya

Sebagai pemula orang tua dalam melaksanakan program bayi vegetarian ini supaya mempercayakan kepada dokter anak untuk pengecekkan darah agar diketahui jenis gizi yang tidak mencukupi.

Sebagai contoh, anak vegetarian tidak boleh kekurangan zat besi didalam tubuhnya, untuk mengetahi apakah bayi kekurangan zat besi maka perlu cek darah. Karena pengecekkan inilah, sebagai orang tua akan mengetahui jenis makanan tertentu yang mampu memenuhi kebutuhan jumlah gizi zat besi pada tubuh anaknya. Salah satu contoh memenuhi kebutuhan zat besi terdapat pada jenis nasi atau serealia oat dan dicampur susu formula.

#4 Memperkenalkan Satu Jenis Makanan Per 5 Hari

Ini bertujuan untuk mengetahui apakah si bayi alergi terhadap jenis makanan tertentu, jika tidak muncul alergi maka lanjutkan jenis makanan vegetarian lainnya. Namun, jika alergi terhadap makanan tertentu maka berhentilah dan ganti dengan jenis makanan vegetarian lain sekelasnya agar jumlah gizi dapat mencukupi.

Ciri-ciri yang jelas ketika bayi alergi seperti tubuh memerah, bibir atau pipi bengkak, lidah bengkak, gatal, batuk dan susah bernafas. Alergi yang paling sederhana biasanya ditandai dengan suara bayi yang aneh saat tersedak atau batuk, untuk berjaga-jaga maka konsultasikan langsung kepada dokter anak.

Masalah ini bukan lantas bahayanya program bayi vegetarian, namun semua jenis makanan yang diasupkan ke bayi pada dasarnya mempunyai peluang alergi dan tidak, karena tubuh bayi satu dan lainnya mempunyai perbedaan, ada yang tahan terhadap jenis maknan tertentu dan ada yang tidak tahan, ini hal yang lumrah bagi bayi dimanapun. Hanya ibulah yang memahami kondisi dan keadaan bayinya.

Jadi intinya pada poin ini adalah berikan makanan baik sayur-sayuran dan buah-buahan satu persatu dalam sekali waktu minimal per 5 hari.

Jenis makanan buah-buahan yang wajib didahulukan saat petama kali diantaranya pisang, apel, dan saus, semua jenis makanan ini wajib dihaluskan sebelum diberikan kepada bayi. Seedangkan jenis sayuran yang perlu diperkenalkan pertama kali seperti buncis, wortel, kacang polong, dan kentang, semua jenis sayur itu dimasak hingga benar-benar matang dan dihaluskan sebelum diberikan kepada bayi. Hindari semua jenis makanan yang mengandung pestisida, karena saat ini sudah bayank sekali jenis sayur mayur dan buah-buahan yang mengandung unsur pestisida, ini akan berbahaya bagi kesehatan bayi, carilah jenis makanan yang benar-benar alami seperti sayur dan buah organik (jenis tanam tanpa menggunakan bahan kimia).

#5 Bikin Jenis Makanan yang Bergizi Saja

Agar program bayi vegetarian membuahkan hasil yang maksimal, berikan jenis makanan yang mempunyai gizi tinggi, lainnya lebih baik tidak saja, karena dengan hanya memberikan jenis makanan yang bernilai gizi tinggi akan memberikan dampak yang besar dan tampak fisik bayi lebih segar dan sehat serta proses pertumbuhan lebih cepat.
Baca juga: Cara Mengembangkan Otak Bayi Melebihi Teman Sebayanya
Jenis makanan untuk program bayi vegetarian banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut ini.

Makan sumber protein tinggi, seperti telur, tumbuhan kacang, semua jenis susu, beras, tahu, serealia, jenis roti gandum. Semua jenis makan ini sangat baik untuk pertumbuhan bayi, jadi bagi ibu bayi disarankan untuk memperbanyak asupan makanan jenis ini dengan teratur setiap harinya. Ibu bayi diharapkan bisa memberi jenis makanan tersebut dengan mengira-ngira saja tidak perlu dengan takaran akurat yang penting memenuhi rumus setiap kali makan 1/3 untuk jenis asupan air didalam perut bayi, 1/3 sisanya untuk jenis makanan, dan 1/3 sisanya untuk udara. Rumus ini juga disampaikan didalam ilmu islam dan kedokteran.

#6 Contoh Jenis Makanan dan Cara Mamadukannya untuk Si Bayi Kesayangan Anda

Pemberian jenis makanan vegetarian pada bayi harus kompleks gizi. Untuk itu ada beberapa panduan yang bisa anda praktekkan untuk diberikan kepad abayi anda seperti:

-Makanan yang Kaya Vitamin B12 dan Zat Besi-

Masukkan susu, telur, produk susu, ekstrak ragi dan serealia yang diperkaya dengan B12. Ingat, sumber B12 yang paling tinggi ada pada susu ASI ibu dan susu formula. Sedangkan sumer zat besi yang paling tinggi ada pada kacang polong, sayuran berdaun hijau, roti, dan jenis serealia.

Jadi setiap hari ibu harus dapat mengira-ngira apa saja menu pagi, siang, dan sore agar semua makanan itu dapat masuk kedalam perut bayi. Ada kalanya pemberian makanan bayi lebih dari 3 kali, ada yang sampai 5-6 kali karena pemberian asupan tanpa daging memungkinkan bayi cepat lapar.

-Makanan yang Kaya Selenium-

Selenium dapat ditemukan pada jenis makanan kacang-kacangan, biji bunga matahari, mi telur, dan beras.

-Makanan yang Kaya Kalsium-

Jenis makanan kaya kalsium dapat ditemui pada keju dan yoghurt dari bahan susu murni (asi,sapi,kambing,dll)

-Makanan yang Kaya Kalori Tinggi-

Makanan berkalori tinggi dijumpai pada jenis camilan apapaun, jadi perbanyaklah camilan untuk standar bayi, seperti rasa tidak terlalu pedas, asin, dan manis. Hindari jenis camilan yang diberi pewarna. Jenis camilan ini bisa didapat diberbagai toko camilan, perhatikan saat membelinya, pastikan bahan yang digunakannya tidak berbahaya bagi anak anda.

#7 Kombinasikan Makanan agar Tayi Tidak Bosan

Sebaiknya berikan jenis paduan makanan yang berbeda saat setiap harinya agar bayi tidak bosan makan. Seperti paduan nasi dengan kacang, roti dengan keju, dan hummus dengan roti pita.

Jangan khawatir berfikir yang tidak-tidak (berfikir diluar kebiasaan). Pola makan pada bayi vegetarian harus kreatif dan menarik untuk bayi agar bayi tidak bosa memakannya, setelah anak sudah terbiasa degan beberapa jenis makanan yang pernah ia coba, sebagai ibu akan lebih leluasa untuk memberikan jenis maknan kreatif kepadanya tanpa takut bayi menolaknya.

Sekian beberapa poin penting yang bisa anda jadikan sebaai referensi program bayi vegetarian. Inti sari dari program ini adalah meniadakan jenis makanan daging kepada bayi, dan sebagai gantinya memberikan jenis makanan sayur-mayur, buah-buahan, dan jenis makanan sekelasnya yang kaya gizi untuk memenuhi kebutuhan jumlah gizi pada tubuh bayi. Semoga artikel ini bermanfaat.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini.
Tuliskan komentar Kamu menggunakan bahasa yang sekiranya mudah difahami.
Tidak memakai singkatan maupun bahasa lokal.
Trims_